SYAWALAN DAN SILATURAHMI PMI DIY-Momentum Tingkatkan Kesalehan Sosial

Suasana syawalan dan silaturahmi PMI DIY. (MERAPI-SULISTYANTO)

SYAWALAN dapat dijadikan sebagai momentum menjalin persaudaraan lebih akrab. Termasuk meningkatkan kesalehan sosial dan mengubah yang kurang baik menjadi lebih baik. Pada bidang sosial seperti organisasi sosial Palang Merah Indonesia diharapkan bisa mempertahankan dan meningkatkan perannya dalam kemanusiaan,

Demikian sambutan tertulis Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X yang dibacakan Kabid Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial DIY Agus Setyanto SE MA saat acara Syawalan dan Silaturahmi Palang Merah Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (PMI DIY) di Sky Garden Rich Hotel Jalan Magelang Sleman, Jumat (21/6) malam.

Selain itu Gubernur DIY berharap, tradisi saling memberi maupun meminta maaf seperti dikemas dalam syawalan bisa terus dilestarikan. Tak kalah penting, segenap lapisan masyarakat dapat menjaga persatuan, berkarya sebaik mungkin dan berpartisipasi atau berkonstribusi mewujudkan visi misi DIY.

“Khususnya keluarga besar PMI DIY, semoga terus bisa mempertahankan dan meningkatkan komitmen dalam bidang kemanusiaan,” harap Gubernur.

Sementara itu Ketua PMI DIY, GBPH Prabukusumo SPsi menjelaskan, saat arus mudik dan balik Idul Fitri 1440, PMI DIY telah mengerahkan ratusan personel yang dengan sukarela membantu ataupun melayani masyarakat. Sehingga arus mudik dan balik tersebut berlangsung aman serta lancar. Sudah selayaknya juga PMI DIY memberikan penghargaan kepada mitra-mitra kerja PMI yang telah bekerja sama dalam Pos Bersama Siaga Lebaran 2019.

“Kami berharap penghargaan ini menginspirasi kita, menggugah banyak orang tentang kepedulian, kemanusiaan serta berbagi kebahagian kepada sesama. Relawan-relawan PMI telah bekerja tanpa membedakan agama, suku bangsa, warna kulit, jenis kelamin, golongan dan pandangan politik,” ucap Gusti Prabu.

Sedangkan Wakil Ketua Bidang Unit Donor Darah PMI DIY Suryanto SpPK antara lain menjelaskan, sebagai upaya meningkatkan kompetensi pegawai unit donor darah, PMI DIY menggalang kerjasama dengan belasan kampus di DIY. Kerjasama antara lain meliputi diseminasi kepalangmerahan, kampus siaga bencana serta inisiasi pendirian unit relawan PMI.

“Untuk saat ini stok darah tercukupi, selama dan pasca Lebaran memang menipis, namun kesadaran masyarakat di DIY untuk mendonorkan darah cukup tinggi. Semoga masyarakat, instansi maupun lembaga-lembaga bisa rutin mendonorkan darahnya atau menyelenggarakan donor darah agar kebutuhan darah terjaga dengan aman di DIY,” tegasnya.

Adapun tausiyah syawalan disampaikan H Jaenudin SAg MSi asal Turi Sleman, antara lain dipaparkan, bahwa sebagai makhluk Allah SWT sudah selayaknya berusaha bisa ikhlas untuk membantu sesama termasuk dengan donor darah, sehingga akan dijauhan dari neraka. Sebaliknya akan didekatkan, bahkan bisa masuk surga. Selain itu ketika orang kaya bersifat dermawan atau tidak kikir dan suka membantu sesama akan disenangi masyarakat sekitar. (Yan)


Read previous post:
Dekat dengan Tugu Yogya, Gedung Baru OJK DIY Dibangun 5 Lantai

YOGYA (MERAPI) - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) DIY segera memiliki gedung perkantoran baru setelah, Sabtu (22/6), dilakukan seremoni peletakan batu

Close