Mobil Nyalip Bus dari Kiri, 3 Tewas

MERAPI-AMIN KUNTARI Mobil Honda Mobilio yang mengalami kecelakaan ringsek parah usai dihantam truk.
MERAPI-AMIN KUNTARI Mobil Honda Mobilio yang mengalami kecelakaan ringsek parah usai dihantam truk.

PENGASIH (MERAPI)- Kecelakaan maut yang melibatkan tiga kendaraan terjadi di ruas Jalan Yogya-Wates km 23 Desa Kedungsari, Pengasih, Kulonprogo, Jumat (21/6). Tiga orang meninggal dunia dalam peristiwa ini, sementara satu lainnya kritis. Diduga, kecelakaan dipicu kelalaian sopir mobil yang menyalip bus dari sisi kiri di ruas jalan menikung.
Informasi yang dihimpun di lapangan menyebutkan, tiga kendaraan yang terlibat kecelakaan yakni mobil Honda Mobilio AA 8880 ZW yang dikemudikan Hayat (67) warga Kebumen Jawa Tengah, Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Po Budiman Z 7612 ME yang dikemudikan Eko Suswanto (50) warga Ciamis Jawa Barat serta truk berbadan besar B 9624 UYZ yang dikemudikan Musta’in (44) warga Semarang Jawa Tengah. Ada empat orang yang berada di dalam mobil nahas tersebut.

Peristiwa ini bermula saat mobil Honda Mobilio melaju dari arah barat di Jalan Yogya-Wates. Sesampainya di lokasi kejadian, melaju pula Bus PO Budiman dari arah yang sama. Pengemudi mobil Mobilio kemudian mendahului bus Po Budiman dari sisi kiri.
Lantaran kondisi jalan yang menikung serta lajhu mobil terlalu kencang, sopir tak bis amengendalikan kendaraan di jalur menikung. Akibatnya, mobil tidak bisa menyalip dengan sempurna. Bagian belakangnya menyenggol bus hingga melaju oleng dan masuk ke jalur berlawanan. Pada saat bersamaan, melaju truk berbadan besar dari arah timur. Jarak yang terlampau dekat membuat kecelakaan tak terhindarkan. Badan mobil ringsek setelah dihantam truk, hingga membuat para penumpangnya tergencet.

Akibat peristiwa ini, pengemudi mobil dan penumpang yang duduk di samping sopir atas nama Mamun Toha (58) warga Cilacap Jawa Tengah meninggal di lokasi kejadian. Kemudian penumpang yang duduk di bangku belakang yakni Siti Afifah (63) warga Kebumen meninggal di rumah sakit, sementara satu penumpang lainnya, Rohati (62) warga Cilacap dalam kondisi kritis.
“Ada kelalaian dari pengemudi mobil, karena menyalip dari sisi kiri. Padahal di sini terdapat marka jalan dan merupakan tikungan. Seharusnya tidak mendahului kendaraan lain,” tegas Kasatlantas Polres Kulonprogo, AKP Maryanto, di lokasi kejadian.

Proses evakuasi korban kecelakaan membutuhkan waktu cukup lama karena dua orang yang duduk di bagian depan tergencet badan mobil. Pihak kepolisian bersama Badan SAR Nasional bahkan mengerahkan Vehicle Accident Rescue (V-A-R) untuk memudahkan proses evakuasi.
“Dua penumpang mobil yang duduk di bangku belakang terlebih dahulu dievakuasi, sementara dua yang di depan butuh proses karena tergencet badan mobil,” kata Rescuer Basarnas DIY, Dedi Prasetya.
Peristiwa kecelakaan ini menyita perhatian para pengguna jalan. Kemacetan panjang tak terhindarkan. Petugas kepolisian pun terjun langsung mengurai kemacetan. (Unt)

Read previous post:
Suhu Terendah DIY Sentuh 18 Derajat Celcius

YOGYA (MERAPI) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Yogyakarta menyebutkan suhu udara di Daerah Istimewa Yogyakarta beberapa hari terakhir mencapai

Close