Pagelaran Wayang Kulit Meriahkan Puncak Merti Dusun Ploso Giritirto Purwosari

MASYARAKAT Ploso Giritirto Purwosari Gunungkidul masih mempertahankan dan menjaga adat dan tradisi warisan nenek moyang. Mereka bersama-sama melestarikan kebudayaan salah satunya dengan menggelar merti dusun yang diisi dengan berbagai kegiatan seperti bersih lingkungan, bersih makam, kenduri, kirab gunungan dan pentas seni.

Menurut Haryana Kepala Dusun Ploso, Merti dusun merupakan kegiatan agamis yang memiliki unsur seni budaya sebagai wujud syukur warga kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kegiatan ini diselenggarakan setiap tahun sesuai dengan situasi dan kondisi masyarakat.

“Warga biasanya gotong royong membersihkan lingkungan, makam, mengadakan kenduri, kirab dan pentas seni untuk menghibur warga dan wisatawan.” tutur Haryana.

Sebagai puncak acara merti dusun, ditampilkan pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan Dalang Ki Seno Nugroho. Ratusan warga terlihat memadati lapangan setempat, sebagai lokasi penyelenggaraan acara. Dengan bahasa yang sederhana sang dalang menceritakan mengenai kisah Semar Bangun Kahyangan yang memiliki pesan moral agar warga semangat membangun desanya.

Perlu diketahui, Desa Giritirto terkenal akan destinasi wisata alam wisata Telaga Ploso dan Goa Cermai. Saat ini pemerintah desa setempat terus berupaya mengembangkan potensi yang dimiliki warga, salah satunya melestarikan seni dan budaya agar wilayah Giritirto semakin dikenal masyarakat luas dan wisatawan.
Wardoyo selaku Kabid Pengembangan Kapasitas Dinas Pariwisata DIY memberi dukungan kepada warga agar terus melestarikan dan mengembangkan desa yang memiliki berbagai potensi seni dan budaya, religi serta alam tersebut. Hal tersebut menurutnya akan berimbas pada peningkatan sektor kepariwisataan yang ada di DIY dan Kabupaten Bantul pada khususnya.

“Kami harapkan kegiatan atraksi seni budaya dapat terus dilestarikan sebagai upaya meningkatkan daya tarik kunjungan wisata. Harapannya bisa mensejahterakan masyarakat. “ imbuhnya. (*)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
DISDIKPORA BANTUL SOAL PPDB 2019: Diterapkan Sistem Zonasi Tidak Penuh

BANTUL (MERAPI) - Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Bantul, menerapkan sistem zonasi tidak penuh dalam Penerimaan Peserta Didik

Close