CATUR JAPFA GM DAN WGM – Ummi Naik ke Posisi Kedua

YOGYA (MERAPI) – Pecatur muda Indonesia yang tengah diproyeksikan meraih gelar Master Internasional Wanita, WFM Ummi Fisabillah, naik satu tingkat ke posisi kedua usai meraup satu poin di babak keenam turnamen catur internasional JAPFA Grand Master dan Women Grand Master 2019 di Hotel Grand Inna Yogyakarta, Senin (17/6), dengan mengalahkan rekan senegaranya WFM Nurdin Tammi Nasuha.

Tambahan satu poin itu membuat total poin yang dikumpulkan Ummi menjadi 4,5 atau hanya terpaut setengah poin dari pecatur India WIM Pujari Rucha yang pada babak keenam menang atas pecatur Indonesia, WFM Monica Putri Wigustira.

Poin yang dikumpulkan Ummi sama dengan pin WGM Tsatsalashvili Keti, tetapi Ummi unggul Tie Break dua, yakni 11,25 berbanding 8,75. Keti sendiri kembali bermain remis. Kali ini ia berbagi angka setengah dengan pecatur Vietnam WIM Luong Phuong Hanh.

Hasil positif juga diperoleh pecatur Indonesia yang diharapkan meraih norma WGM pada turnamen ini, WIM Sihite Chelsie Monica Ignesias yang di babak keenam menang atas juniornya WFM Hanfin Zahra Chumaira Amelia.

Tambahan satu poin ini, selain mengangkat Chelsie ke posisi empat, juga menjaga peluang untuk bisa meraih norma WGM. Chelsie tinggal mengumpulkan empat poin dari 5 pertandingan tersisa.

Sementara itu, GM Susanto Megaranto kembali bermain remis dengan sesama pecatur Indonesia pada babak keenam, kemarin. Kali ini ia berbagi angka setengah dengan IM Sean Winshand Cuhendi. Ini merupakan remis kelima Susanto secara berturut-turut.

Sedang unggulan pertama GM Dmitry Kokarev dari Rusia mengalahkan unggulan kedua GM Ivan Sokolov.

Kemenangan atas Sokolov membuat pecatur Rusia itu memperoleh satu poin sehingga mengangkat posisinya ke puncak klasemen dengan poin empat, sama dengan poin yang diperoleh GM Khusnutdinov Rustam dari Khazakhstan, tetapi Kokarev unggul dalam tiebreak dua 12,25 berbanding 9,75. Sedangkan Rustam di babak keenam bermain remis dengan IM Raghunandan Kaumandur Srihari dari India. (*)

Sumber: Antara

Read previous post:
Keren Banget, Bali Kembali Menggelar New Earth Festival

JAKARTA (MERAPI)– Bukan Bali namanya kalau tidak menyajikan event-event keren. Seperti event New Earth Festival 2019. Kegiatan ini akan dilangsungkan

Close