TAK DILIBATKAN PEMBAGIAN WARISAN- Ibu Rumah Tangga Gugat Ipar dan Saudara


Kuasa hukum penggugat, Jaka Sarwanta menunjukkan gugatan yang telah dibacakan di muka persidangan PN Sleman. (MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)
Kuasa hukum penggugat, Jaka Sarwanta menunjukkan gugatan yang telah dibacakan di muka persidangan PN Sleman. (MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)

SLEMAN (MERAPI) – Seorang ibu rumah tangga (IRT), Tri Indriyati warga Wado Kedungtuban Blora Jawa Tengah mengajukan gugatan perbuatan melawan hukum terhadap tergugat I Y Eko Tamtomo istrinya tergugat II Ika Indrawati warga Sitisewu Gedongtengen Yogyakarta dan kedua saudaranya ke Pengadilan Negeri (PN) Sleman, Senin (17/6).

“Setelah mediasi gagal, kami diberi kesempatan untuk membacakan gugatan. Selanjutnya para tergugat diberi kesempatan untuk mengajukan jawaban pada sidang berikutnya,” ujar Drs H Jaka Sarwanta SH MHum MKn, kuasa hukum penggugat kepada wartawan, usai sidang.

Dalam perkara ini, awalnya ibu penggugat bernama Susilowati menikah dan memiliki 4 anak. Sebelumnya ibu penggugat memiliki sebidang tanah dengan Letter C No 573/Gejayan seluas 190 m2 yang telah diwariskan kepada salah satu anak yakni tergugat II Ika Indrawati yang telah dikonversi menjadi sertifikat.
Awalnya tergugat I suami dari tergugat II sebagai wiraswasta membutuhkan dana untuk mengembangkan usahanya. Untuk itu tergugat I mempengaruhi istrinya untuk membuat surat keterangan waris.

Setelah itu tergugat I mengajak ahli waris lain datang ke notaris untuk mengurus pembagian warisan. Tetapi dalam pembagian warisan penggugat tak hadir dan tak pernah dilibatkan, tergugat I mengajukan permohonan sertifikat menjadi atas nama tergugat II istrinya.

Setelah sertifikat menjadi atas nama tergugat II lalu digunakan tergugat I untuk meminjam uang di BPR Arta Yogyakarta sebesar Rp 1,125 miliar. Penggugat mengetahui tanah milik ibunya menjadi agunan di bank setelah dikasih tahu ayahnya karena merasa tak pernah dilibatkan dalam pembagian warisan.

Untuk itu penggugat menilai surat keterangan waris dan surat pembagian harta warisan yang dibuat di hadapan turut tergugat I Notaris Daniel A Saadi SH tanpa melibatkan penggugat menjadi cacat hukum dan harus dinyatakan tak sah dan batal.

Sementara Hermawan Sulistiyanta SH, kuasa hukum tergugat menyatakan sikap untuk menghadapi gugatan penggugat. “Untuk itu kami akan siapkan jawaban atas gugatan penggugat tersebut,” tegasnya. (C-5)


Read previous post:
SIDANG PENGANIAYAAN SUPORTER- Korban Tewas Terkena Lemparan Baru

SLEMAN (MERAPI)- Dua penganiaya suporter, Dwd (23) dan RC (21) kembali diajukan ke muka persidangan Pengadilan Negeri (PN) Sleman, Senin

Close