Turnamen Catur Dunia Digelar di Yogyakarta

Foto: Antara

YOGYA (MERAPI) – Yogyakarta menjadi tuan rumah turnamen catur dunia yang digelar mulai Kamis (13/6) kemarin di Hotel Inna Garuda. Turnamen bertajuk “Japfa GM & WGM Chess Tournament 2019” ini digelar sampai 21 Juni 2019. Para pecatur berstatus Grand Master (GM) dan Woman Grand Master ikut ambil bagian dalam turnamen yang memperebutkan total uang ribuan dolar ini.

Adapun Indonesia diwakili GM Susanto Megaranto, IM Novendra Priasmoro, IM Yoseph Teolifus Taher, IM Sean Winshand, FM Azarya Jodi, dan WGM Medina Warda di kelas GM section. Mereka satu grup dengan GM Dimitry Kokarev (Rusia), GM Ivan Sokolov (Belanda), GM Rustam Khusnutdinov (Kazakhstan), IM Raghunandan, IM Ravi Teja, dan IM Argyadip dari India.

Sedangkan di nomor WGM Section, Indonesia menurunkan enam pecatur dengan komposisi dua WFM yaitu Chelsie Monica dan Dewi Citra serta empat pecatur bergelar WFM yaitu Ummi Fisabilillah, Monica Putri, Tammi Nasuha, dan Zahra Chumaira. Turnamen digelar dengan sistem round robin di mana tiap pertandingan akan diberi waktu 90 menit. Tiap langkah dari pecatur akan mendapatkan waktu 30 detik.

Ketua PB Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi), Utut Adianto, dalam keterangan rilisnya yakin bahwa para pecatur Indonesia bakal bicara banyak dalam turnamen dunia ini. Terlebih untuk Susanto dan Medina, ia berharap keduanya bisa memanfaatkan momen turnamen ini sebagai ajang pemanasan sebelum berangkat ke Piala Dunia. Susanto sendiri lolos ke Piala Dunia catur yang digelar di Rusia September 2019 mendatang sedangkan Melina akan bertarung di Piala Dunia di Belarusia 2020 nanti. (Des)

Read previous post:
ilustrasi
Cabuli Bocah SD, Kakek Divonis 6 Tahun

BANTUL (MERAPI)- Terdakwa seorang kakek, Djajuli (64) asal Sumatera Barat yang mengontrak rumah di wilayah Sewon, Bantul divonis 6 tahun

Close