Konsumsi Ikan, Tingkatkan Imunitas Tubuh

MERAPI-SULISTYANTO Olahan ikan rutin dikonsumsi, bisa ikut mendukung kesehatan badan.
MERAPI-SULISTYANTO
Olahan ikan rutin dikonsumsi, bisa ikut mendukung kesehatan badan.

BAHAN alami berkhasiat perlu rutin dikonsumsi. Hal ini termasuk kiat alami untuk meraih kesehatan lebih baik, tanpa perlu biaya mahal. Cara menerapkannya pun mudah dilakukan berbagai kalangan.

Iswantoro yang akrab disapa Iwan mengatakan, aneka bumbu dapat membuat lezatnya masakan berbahan ikan. Baik bumbu maupun ikan, sama-sama bisa mendukung kesehatan badan. Termasuk pula mampu meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh. Bahkan daging ikan mempunyai serat-serat protein lebih pendek daripada serat-serat protein jenis daging sapi maupun ayam. Wajar saja jika ikan dan hasil produknya banyak dimanfaatkan oleh orang-orang yang mengalami kesulitan pencernaan, sebab mudah dicerna.

“Kandungan gizi pada ikan, baik jenis-jenis ikan air tawar maupun laut tak diragukan lagi. Ikan juga dapat diproses menjadi wujud minyak ikan, misalnya cocok untuk anak-anak serta meningkatkan nafsu makan,” urai Iwan.

MERAPI-SULISTYANTO Iswantoro.
MERAPI-SULISTYANTO
Iswantoro.

Jenis vitamin pada ikan, misalnya vitamin D, A, thiamin, riboflavin dan niacin. Ikan juga mengandung mineral yang kurang lebih sama banyaknya dengan mineral yang ada dalam susu seperti kalsium serta phosphor. Selain itu ada dua kelompok vitamin dalam ikan yaitu larut dalam air dan larut minyak. Yang larut dalam minyak yaitu vitamin A dan D, yaitu dalam minyak ikan. Lalu vitamin yang larut dalam air dan terdapat dalam ikan adalah emat macam vitamin tergolong dalam famili vitamin B, yaitu B6, B12, biotin dan niacin. Jumlah vitamin ini lebih banyak terdapat pada daging ikan yang berwarna lebih gelap, dan dari daging ikan yang berwarna putih jumlah vitamin-vitamin B-nya hampir sama banyaknya dengan jumlah vitamin di dalam daging sapi maupun ayam.

“Aneka kandungan mineral pada ikan juga bagus untuk kesehatan badan, baik mulai dari anak-anak sampai lansia,” tambah Iwan. (Yan)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Hadapi Kemarau, Kementan Genjot Pembangunan Irigasi Pertanian

JAKARTA (MERAPI)- Kementerian Pertanian (Kementan) tengah menggenjot pembangunan irigasi pertanian untuk menghadapi musim kemarau. Selama tiga Tahun terakhir, Kementan sudah

Close