Penipu Ulung Gelapkan 23 Mobil Rental

MERAPI-SAMENTO SIHONO Penipu ulung dan mobil rental hasil kejahatannya diamankan ke Polsek Mlati.
MERAPI-SAMENTO SIHONO Penipu ulung dan mobil rental hasil kejahatannya diamankan ke Polsek Mlati.

MLATI (MERAPI)- Seorang pemuda pengangguran, AR (29) warga Kasihan Bantul harus berurusan dengan polisi. Ia ditangkap saat dalam pelarian ke daerah Purworejo. AR diburu polisi setelah meggelapkan puluhan mobil rental milik sejumlah pengusaha mobil rental di Yogya. Dari hasil menggadaikan puluhan mobil, pelaku diduga meraup uang ratusan juta rupiah.
Sakah satu korban tipu daya tersangka adalah Mahendra Sigit Hermawan (34) warga Tlogoadi, Mlati, Sleman. Dari laporan Mahendra pulalah pelaku berhasil dibekuk.
Kapolsek Mlati Kompol Yugi Bayu didampingi Kanit Reskrim Iptu Made Wira Suhendra kepada wartawan, Rabu (12/6) mengatakan, kasus penggelapan mobil rental tersebut dilaporkan oleh korban beberapa waktu lalu.
Yugi menjelaskan, berdasarkan keterangan korban, saat itu pelaku datang ke rumah dengan niat menyewa satu unit mobil Avansa miliknya. Dalam transaksinya, pelaku berjanji akan membayar sewa kendaraan setiap minggu.

“Awalnya pelaku menyewa seminggu dan dibayar lunas. Karena yakin pelaku akan membayar secara tertib, korban bersedia mobilnya disewa pelaku dalam jangka waktu lama,” beber Yugi.
Kecurigaan mulai muncul saat jatuh tempo pengembalian mobil, pelaku tak kunjung mengembalikan mobil. Saat itu dia berdalih akan memperpanjang sewa mobil.
“Korban percaya karena awalnya pembayaran berjalan lancar. Tapi minggu berikutnya pelaku tak membayar sewa mobil,” ujarnya.
Dia melanjutkan, setelah dilakukan upaya penagihan, pelaku tetap tidak kunjung menunaikan kewajibannya. Bahkan setelah korban mencoba menghubungi pelaku, nomor yang digunakan sudah tidak bisa dihubungi.
Hingga akhirnya korban mengetahui, jika mobil yang disewa sudah berpindah tangan dan digadaikan kepada orang lain. Korban pun langsung melapor ke Polsek Mlati guna pengusutan lebih lanjut.
Berdasarkan laporan korban, polisi bergerak mencari pelaku. Akhirnya petugas berhasil menemukan mobil korban yang telah digadaikan Rp 25 juta pada seseorang di wilayah Kota Yogya.

“Proses pencarian cukup terbantu karena korban memiliki identitas lengkap pelaku, sehingga cukup mudah untuk mendeteksi keberadaannya,” ucapnya.
Yugi menyebutkan, dalam proses penyelidikan, pihaknya mendapatkan informasi jika pelaku sedang berada di Purworejo dan berniat kabur. Berbekal informasi tersebut, petugas langsung melakukan pengejaran. Dia pun dibekuk di jalan raya saat berusaha kabur.
“Pelaku selanjutnya kita bawa ke Polsek Mlati guna penyelidikan lebih lanjut,” kata Yugi. Yugi menyatakan, dari hasil interogasi, pelaku mengaku jika mobil milik korban telah digadaikannya kepada seseorang yang tinggal di Yogya. Selain itu pelaku juga mengaku telah menggadaikan puluhan mobil pengusaha rental di Yogyakarta.
“Setelah kita kembangkan, untuk barang bukti kita berhasil menemukan dua mobil dari pemilik rental berbeda.

Modusnya sama yakni pelaku merental kemudian digadaikan ke orang lain,” ujar Made.
Sementara itu tersangka AR mengungkapkan nekat melakukan penggelapan karena terlilit utang. “Uang menggadaian mobil saya gunakan untuk bayang utang, jumlahnya lupa saya. Gali lubang tutup lubang,” akunya.
Setelah pelaku berhasil dibekuk, sejumlah pengusaha rental pun mendatangi Mapolsek Mlati untuk melakukan pengecekan. Salah satunya R Fito (32). Dia mengaku kehilangan 9 unit mobil rental berbagai jenis yang semuanya digelapkan pelaku SR. Namun, dia mengaku berhasil menemukan lagi mobil-mobil tersebut berkat GPS yang terpasang.

“Semua mobil saya juga sudah digadai. Kalau bersama teman-teman (sesama pengusaha rental), setidaknya ada 23 mobil yang digelapkan pelaku. Saya percaya karena awal pembayarannya berjalan lancar, ia juga mengaku punya usaha rental,” katanya.
Guna mempertanggungjawabkan perbautannya, kini pelaku harus mendekam di sel tahanan Polsek Mlati. Pelaku dijerat Pasal 372 KUHP tentang penggelapan dengan ancaman 4 tahun kurungan penjara. (Shn)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
IKAN PREDATOR LAYAK DIKOLEKSI-Ada Sensasi saat Berburu Pakan

IKAN predator sering disebut juga ikan galak. Ikan-ikan ini senang memakan daging maupun jenis-jenis ikan lainnya. Sebagian penggemar ikan hias

Close