GUBERNUR DIY SRI SULTAN HB X: Jalin Kembali Tali Silaturahmi

MERAPI-AWAN TURSENO Sri Sultan HB X menerima ucapan selamat Idul Fitri dari pejabat dan masyarakat Sleman.
MERAPI-AWAN TURSENO
Sri Sultan HB X menerima ucapan selamat Idul Fitri dari pejabat dan masyarakat Sleman.

SLEMAN (MERAPI) – Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X menghadiri silaturahmi dan syawalan bersama jajaran pejabat dan masyarakat Sleman. Rombongan Sultan tiba sekitar pukul 09.00 WIB disambut Bupati Sleman, Sri Purnomo dan Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, Selasa (11/6).

Pada kesempatan tersebut Sultan didampingi permaisuri GKR Hemas, Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam (PA) X beserta istri GKBRAy Pakualam dan pejabat jajaran Pemda DIY.

Dalam sambutannya Sultan menyampaikan, melalui Idul Fitri kekusutan tali silaturahmi harus diurai kembali. Benang-benang solidaritas hendaknya dijadikan penguat semangat Ukhuwah Watoniyah dan dirajut sebagai perekat rasa Ukhuwah Islamiyah. Sehingga tiada lagi kegamangan dalam langkah menuju silaturahmi dan rekonsiliasi kultural dengan semangat islah yang bersifat fitri.
Kembali ke fitri merujuk bahwa agama tidak semakin mempersempit ruang gerak yang menjadikan semacam kelompok tertutup dan tak mengakui keberadaan liang.

Menurutnya, ada kecenderungan merebaknya aliran tak fitri yang menilai siapapun yang berbeda dianggap kafir dan harus disingkirkan. Agama lalu dipusatkan energinya dalam keberingasan bukan belas kasih.

“Tidak boleh agama dijadikan semacam ideologi kemarahan dan meninggalkan sifatnya yang rahmatan lil’alamin. Karena dari sanalah terlahir peradaban agung Islam selama berabad-abad yang menjadi pondasi pengembangan ilmu dan teknologi yang kita nikmati hari ini,” katanya.

Pada acara tersebut Sri Purnomo menyampaikan, Pemkab Sleman terus berupaya mendukung keistimewaan DIY. Hal ini tercermin dari aktualisasi aktivitas masyarakat Kabupaten Sleman. Pada tahun 2019, Pemkab Sleman memperoleh alokasi Dana Keistimewaan (Danais) sebesar Rp 25,2 Milyar.

“Berkaitan dengan dana Danais tersebut diharapkan mampu mendorong kemajuan kebudayaan di Kabupaten Sleman dengan gerakan Sleman Berbudaya,” tambah Sri Purnomo.

Selain menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri dan permohonan maaf lahir batin, Sri Purnomo juga mendoakan semoga Sultan senantiasa diberi kesehatan dan keselamatan agar selalu dapat memimpin DIY dengan baik dan amanah.

Sebagai acara penutup, Sri Purnomo didampingi istri, Kustini Sri Purnomo mengawali sungkem pangabekten mewakil pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sleman pada Gubernur DIY diikuti sekitar 2.500 tamu undangan yang hadir. (Awn)

Read previous post:
Jemaah Calon Haji dari Karanganyar Sebanyak 561

KARANGANYAR (MERAPI)- Sebanyak 561 jemaah calon haji (Calhaj) Kabupaten Karanganyar tergabung di tiga kelompok terbang (kloter) di musim haji tahun

Close