Kelas Purbakala Bagi Anak Muda Ramaikan Festival Purbakala 2019

Sejumlah narasumber memberikan keterangan pers
terkait Festival Purbakala 2019. (Merapi-Teguh)

KOTAGEDE (MERAPI) – Festival Purbakala 2019 merupakan momentum yang tepat bagi generasi saat ini untuk menata masa depan dengan banyak belajar dari masa lalu (purba). Memperingati Hari Purbakala diharapkan dapat memberikan semangat kepada generasi muda, bahwa di balik peninggalan masa lalu terdapat benang merah yang saling bertautan antara masa lalu, hari ini dan masa mendatang.

Ketua Festival Peringatan Hari Purbakala, Sigit Sugito di Kantor Dinas kebudayaan Kota Yogyakarta, Selasa (11/6), mengutarakan,
sebagai Daerah Istimewa Yogyakarta, memiliki ribuan benda kuno, baik yang berupa bangunan atau pun naskah tercetak karya para empu dan pujangga masyarakat pada jamannya. Selain itu pada setiap jengkal tanah di DIY memiliki dan menyimpan jejak sejarah serta artefak purbakala yang sangat besar nilainya bagi peradaban bangsa ini.

“Sehingga menjadi sangat strategis kalau kemudian dilaksanakan adanya festival purbakala ini guna memberikan pemahaman kepada generasi melinial saat ini,” tutur Sigit.

Kasubag Tata Usaha Balai Pelestarian Cagar Budaya DIY, Indung Pancaputra menambahkan, kegiatan peringatan Hari Purbakala natinya diharapkan dapat menjadi ajang edukasi bagi generasi muda yang masih memiliki usia serta langkah yang lebih panjang ke depan. Sehingga dalam kegiatan ini selain diisi dengan berbagai pameran kepurbakaan di Museum Sono Budoyo, serta sejumlah kegiatan seperti sarasehan dan seminar, sosialisasi serta pemutaran film juga ada sekolah kelas purbakala bagi generasi muda.

Festival rencananya dibuka Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X pada Jumat (14/6), setelah itu dilanjutkan Sarasehan Kebudayaan. Berbagai kegiatan di antaranya Diskusi Purba, Sastra Purba, Pertunjukan Festival Purbakala dan malam Mileniakala. Selain itu dua patung berukuran raksasa karya Pematung Enam Presiden Yusman SSn akan turut menghiasi halaman Museum Sono Budoyo selama festival berlangsung.

“Ini patung koleksi pribadi yang hampir tidak pernah saya keluarkan dalam pameran terbuka,” tutur Yusman. (C-3)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Sungailiat Triathlon 2019 Siapkan Rute Baru Lebih Menantang

JAKARTA (MERAPI)- Pulau Bangka kembali menyajikan event sport tourism kelas dunia. Tepatnya Sungailiat Triathlon 2019, 15 Juni 2019. Event ini

Close