JAPFA GM & WGM Chess Tournament 2019 Digelar di Yogya

GM Utut Adianto (kiri) foto bersama pecatur asing usai temu media di Jakarta, Senin (10/6). (MERAPI-ALFON SUHADI)

JAKARTA (MERAPI) – Yogyakarta memperoleh kehormatan menjadi tuan rumah gelaran turnamen catur internasional JAPFA GM & WGM Chess Tournament 2019, yang akan berlangsung pada 13-22 Juni 2019. Tahun lalu turmanen serupa dilangsungkan di Solo.

Turmanen bertaraf internasional ini selain menampilkan pecatur tuan rumah, juga diikuti oleh pecatur dari berbagai negara seperti Rusia, Belanda, Kazakhstan, dan India (putra), serta Prancis, Singapura, Romandia, Georgia, Vietnam, dan India (putri).

Ketua Umum PB Percasi, GM Utut Adianto kepada media di Jakarta, Senin (10/6), mengatakan, dipilihnya Yogya sebagai tuan rumah setelah turnamen serupa tahun lalu digelar Solo lebih untuk menggairahkan perkembangan olahraga catur di daerah, setelah selama ini sering digelar di Jakarta.

“Digelarnya turnamen di daerah kita harapkan mampu memacu perkembangan olahraga catur sekaligus melahirkan bibit-bibit pecatur muda di daerah. Yogya juga merupakan daerah yang memiliki potensi atlet catur, selain Jateng, Sumut, Jabar, Jatim, Sulut dan Kalsel. Karena itu kali ini kami memilih Yogyakarta,” ujar Utut.

Selebihnya tegas Utut Andianto, turnamen ini selain memberikan pengalaman internasional bagi para pecatur muda, diharapkan pula mampu menambah Elo Rating mereka lebih baik lagi untuk menggapai Norman Grand Master dan Norma Women Grand Master, sekaligus persiapan menuju kejuaraan dunia catur 2019 bagi WGM Medina dan GM Susanto Mergaranto.

Direktur Corporate Affairs PT Japfa Comfeed Indonesia tbk (JAPFA) selaku sponsor turnamen, Rachmat Indrajaya mengatakan, pihaknya tetap berkomitmen untuk mendukung olahraga catur di Indonesia dengan tujuan agar para pecatur nasional mampu merebut prestasi tertinggi yaitu meraih Grand Master (GM) meneruskan perjalanan GM Utut Adianto, dan GH Susanto Mergaranto.

“Sebelumnya JAPFA telah mendukung Tim Indonesia tampil di Asian Chess Championship Fide Zone 3.3 di Ulan Batur Mongolia. Di ajang ini Tim Indonesia berhasil meraih dua tiket menuju Piala Dunia Catur 2019,” ujar Racmat Indrajaya.

Dalam turnamen ini masing-masing akan bertarung 12 pecatur pria dan 12 pecatur wanita. GM Susanto Megaranto di antaranya akan menghadapi pecatur dengan elo rating tinggi GM Kukarev (Rusia/2609), dan GM Ivan Sokolov (Belanda/2595). Sementara Medina akan mencoba ketangguhan IM Sophie Millet (Prancis/2415), dan WGM Keti Tsatsa lashili (Georgia/2356). (Asd)

Read previous post:
Rehabilitasi Irigasi Turut Berperan Peningkatan Produksi Padi 8,21 Juta Ton

JAKARTA (MERAPI)- Rehabilitasi irigasi yang digencarkan Kementerian Pertanian (Kementan) terbukti berhasil mendongkrak produksi pangan. Dalam kurun waktu 2015 hingga April

Close