BOM BUNUH DIRI KARTASURA – Rumah Pelaku Digeledah

Kondisi rumah terduga pelaku bom bunuh diri RA di Wirogunan, Kartasura digeledah polisi. (fOTO: Wahyu Imam Ibadi)
Kondisi rumah terduga pelaku bom bunuh diri RA di Wirogunan, Kartasura digeledah polisi. (Foto: Wahyu Imam Ibadi)

SUKOHARJO (MERAPI) – RA Warga Desa Wirogunan, Kecamatan Kartasura diduga melakukan aksi bom bunuh diri di depan pos polisi tugu Kartasura. Akibat aksi tersebut membuat geger warga sekitar dan sempat membuat macet arus lalu lintas saat mudik Lebaran disekitar bundaran tugu Kartasura. Kasus tersebut ditangani serius oleh pihak kepolisian baik Polres Sukoharjo maupun Polda Jawa Tengah.

Salah satu saksi mata Wahyu, Senin (23/6) mengatakan, sekitar pukul 22.30 WIB mendengar suara ledakan di depan pos polisi tugu Kartasura. Ledakan terdengar cukup keras dan membuat geger warga sekitar. Setelah dilihat ternyata sudah ada seorang pria tergeletak dengan kondisi luka parah.

“Kondisi di dalam pos polisi ada sejumlah anggota polisi sedang bertugas. Sedangkan di luar ada seorang pria tergeletak luka parah,” ujarnya.

Usai kejadian polisi langsung mengamankan sekitar lokasi dengan menutup jalan. Akibatnya arus lalu lintas menjadi macet panjang karena bersamaan dengan mudik Lebaran.

Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi mengatakan, Polres Sukoharjo masih melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Jalan di depan pos polisi Kartasura disterilkan untuk pemeriksaan lanjutan. Selain itu juga meminta kepada masyarakat agar tenang dan tidak panik atas kejadian tersebut.

“Masih dalam penyelidikan, nanti keterangan resmi akan kami sampaikan,” ujarnya.

Aparat kepolisian melakukan penggeledahan di rumah terduga RA di Desa Wirogunan, Kartasura sejak Senin (3/6) malam hingga Selasa (4/6) dinihari. Proses penggeledahan berlangsung tertutup dengan pengamanan ketat dari aparat.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel mengatakan, sumber ledakan berasal dari bom yang dibawa pelaku. Hasil penyelidikan diketahui pelaku diduga merupakan RA warga Desa Wirogunan, Kecamatan Kartasura.

Dalam kejadian tersebut Kapolda mengatakan satu orang mengalami luka parah dan tergeletak di depan pos polisi tugu Kartasura. Sedangkan anggota polisi dari Polres Sukoharjo yang sedang menjalankan tugas dalam kondisi selamat dan tidak mengalami luka.

“Pelaku mengalami luka parah pada bagian perut akibat terkena ledakan,” ujarnya.

Kapolda menegaskan, kasus ledakan di depan pos polisi tugu Kartasura sudah ditangani serius oleh Polda Jawa Tengah. Polisi juga sudah melakukan penggeledahan di rumah terduga RA yang jadi pelaku peledakan bom di Desa Wirogunan, Kecamatan Kartasura.

“Untuk jenis bahan peledan dan pelaku masih dalam penyelidikan petugas,” lanjutnya. (Mam)

Read previous post:
‘Iedul Fitri

Oleh : Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M. Si. HARI Raya Iedul Fitri atau populer juga dengan sebutan Lebaran atau

Close