PENANGKAPAN MALING DIWARNAI DUEL-Pencuri Serang Warga Pakai Ketapel

MERAPI-SAMENTO SIHONO AKP Haryanta saat mengintrogasi kedua pelaku pencurian yang merupakan kakak beradik.
MERAPI-SAMENTO SIHONO AKP Haryanta saat mengintrogasi kedua pelaku pencurian yang merupakan kakak beradik.

PAKEM (MERAPI)- Aksi kejar-kejaran antara warga dan pencuri terjadi di Jalan Kaliurang Dusun Purworejo, Hargobinangun, Pakem, Sleman akhir pekan lalu. Dua orang pencuri yang merupakan kakak beradik itu melawan saat hendak diamankan warga. Mereka menyerang warga menggunakan ketapel, berduel hingga akhirnya jatuh karena kecelakaan.
Keduanya pun diamankan warga kemudian diserahkan kepada aparat Polsek Pakem.
Dua kakak beradik yang diamankan yakni KH (46) warga Mojosongo, Surakarta dan KN (44) warga Kedung Tungkuk, Surakarta. Kapolsek Pakem Kompol Haryanta kepada wartawan, Senin (3/6) mengatakan, kedua pelaku menggasak uang dan handphoen milik Sutiyaswati (69) warga setempat. Dijelaskan, peristiwa itu bermula saat pelaku datang ke toko kelontong milik korban dengan sepeda motor Yamaha Mio. Keduanya lantas masuk dalam toko dengan dalih menukar uang dan membeli minuman.

Tanpa menaruh curiga, korban Sutiyaswati melayani permintaan tersangka KN. Sementara itu saat korban sibuk melayani permintaan KN, tersangka KH langsung beraksi dengan mengambil dompet berisi uang Rp 1 juta dan handphone yang diletakkan di meja toko.
“Akibat kejadian itu korban mengalami kerugian hingga Rp 4 juta,” beber Haryanta.
Setelah berhasil menggasak barang berharga yang diinginkan, ujarnya, pelaku lantas pergi dari lokasi kejadian menuju arah selatan. Tak lama kemudian, korban yang menyadari barang berharga miliknya hilang lantas berteriak minta tolong.
Sontak teriakan korban mengagetkan warga dan saudaranya. Saksi pun langsung melakukan pengejaran. Sesampainya di Dusun Randu Hargobinangun Pakem, pelaku terkejar saksi. Saat hendak dibekuk, keduanya melawan hingga terjadi duel.

Karena kalah jumlah, saksi tak berdaya menghadapi kedua pelaku. Pelaku kemudian kembali memacu sepeda motor kabur dari kejaran warga. Saksi kembali mengejar kedua pelaku, kali ini dibantu warga. Di tengah aksi kejar-kejaran itu, kedua pelaku secara terus-menerus menyerang warga yang mengejar menggunakan ketapel. Bahkan aksi brutal pelaku ini berlanjut dengan menendang saksi hingga terjatuh. Meski jatuh, saksi tetap melakukan pengejaran.
Dalam pengejaran tersebut, pelaku berlari mengarah ke Pasar Pakem. Karena panik, pelaku lantas lari ke arah terminal. Naas bagi pelaku. Mereka justru nyemplung di selokan utara terminal dan ditangkap oleh warga.
Warga yang emosi lantas menghajar pelaku secara membabi-buta. Beruntung petugas bergerak cepat dengan mengamankan pelaku dari amukan warga. Kedua pelaku lantas diamankan di Polsek Pakem guna pemeriksaan lebih lanjut.

“Sebelum tertangkap, motor yang dibawa pelaku kecebur dalam selokan. Warga yang melakukan pengejaran langsung menangkap pelaku,” kata Haryanta.
Kanit Reskrim Polsek Pakem AKP Nasirudin menambahkan, berdasarkan hasil pemeriksaan, pelaku mengaku baru pertama melakukan pencurian. Keduanya sengaja datang dari Surakarta ke Yogya untuk mencuri.
“Dari barang bukti yang kita amankan, pencurian ini memang sudah direncanakan, karena pelaku ini membawa empat obeng, stik besi dan ketapel,” tandasnya.
Kendati demikian petugas tidak begitu saja mempercayai dengan ucapan pelaku. Saat ini petugas masih terus melakukan pengembangkan terkait kemungkinan adanya lokasi pencurian lainnya. “Masih kita kembangkan, kemungkinan adanya TKP lain,” jelasnya.
Sementara itu tersangka KN mengaku nekat melakukan pencurian karena diajak oleh kakaknya. Hasil pencurian rencananya digunakan untuk mencukupi kebutuhan hidup termasuk untuk keperluan lebaran.
“Rencananya uang untuk lebaran, saya ikut mencuri karena diajak oleh kakak saya,” akunya.

Guna mempertangungjawabkan perbuatannya, kedua pelaku harus mendekam di sel tahanan Polsek Pakem. Keduanya dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dan kekerasan dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. (Shn)

Read previous post:
Ini 10 Tempat Kuliner Mamuju Yang Seru Untuk Mengisi Libur Lebaran

MAMUJU (MERAPI)- Mudik Lebaran ke Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) sepertinya tidak afdol jika tak mencicipi kulinernya. Apalagi Bumi Manakarra memiliki

Close