Dishub Periksa Bus AKAP

MERAPI-ATIEK WIDYASTUTI H Petugas Dishub Sleman memeriksa bus di Terminal Jombor.
MERAPI-ATIEK WIDYASTUTI H
Petugas Dishub Sleman memeriksa bus di Terminal Jombor.

SLEMAN (MERAPI) – Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sleman melakukan pemeriksaan angkutan lebaran di Terminal Jombor, Senin (27/5). Petugas menemukan adanya ketidaksesuaian antara kartu pengawas atau izin trayek dengan SNTK yang tertera.

Sasaran dari pemeriksaan ini adalah bus Antar Kota Antar Propinsi (AKAP). Satu persatu petugas memeriksa bus yang masuk ke terminal. Baik yang hendak membawa penumpang maupun yang mau menurunkan. Petugas lalu memeriksa fisik dari kendaraan dan kelengkapan admistrasi.

Untuk fisik, secara keseluruhan sudah lebih baik di banding tahun-tahun sebelumnya. Jika sebelumnya masih ditemukan bus yang menggunakan ban vulkanisir, saat pemeriksaan ini tidak ada. Petugas hanya menemukan adanya ketidakcocokan antara kartu pengawas dengan STNK yang dibawa sopir.

“Kami masih mengizinkan mereka untuk jalan. Hanya saja tetap kita berikan peringatan. Selain itu juga ada lampu sein yang tertutup oleh stiker. Kita minta untuk dilepas, karena itu dapat mengganggu sopir,” ujar Kepala Bidang Lalulintas Dishub Sleman Sulton Fatoni.

Selama pemeriksaan, hanya ada temuan-temuan ringan saja. Seperti wiper yang kondisinya tidak terlalu baik. Namun masih tetap berfungsi dan yang lain. Termasuk rem juga berfungsi dengan baik.

“Untuk pemeriksaan kali ini kita fokuskan untuk kendaraan penumpang. Di kesempatan lain, juga akan dilakukan pemeriksaan untuk kendaraan barang. Harapannya selama arus lebaran ini, semua armada yang melintas di Sleman dalam kondisi laik jalan. Baik kendaraan penumpang maupun barang,” urainya. (Awh)

Read previous post:
Stok Darah Selama Lebaran Aman

SLEMAN (MERAPI) - Menyongsong hari raya Idul Fitri 1440 H, Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Sleman telah melakukan beberapa terobosan

Close