Stok Darah Selama Lebaran Aman

MERAPI-AWAN TURSENO Masyarakat sedang mendonorkan darah di PMI Sleman.
MERAPI-AWAN TURSENO
Masyarakat sedang mendonorkan darah di PMI Sleman.

SLEMAN (MERAPI) – Menyongsong hari raya Idul Fitri 1440 H, Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Sleman telah melakukan beberapa terobosan untuk menjamin ketersediaan darah bagi masyarakat. Salah satu langkah yang ditempuh yakni dengan tetap melaksanakan donor darah pada bulan puasa.

Ketua PMI Sleman, Sunartono menjelaskan, untuk memenuhi kebutuhan darah bagi masyarakat, pihaknya bekerjasama dengan beberapa pihak untuk melaksanakan aksi donor darah. Salah satunya bekerjasana dengan takmir Masjid dan tokoh agama.
“Karena bulan puasa, kita bekerja sama dengan takmir Masjid untuk melaksanakan kegiatan donor darah. Pelaksanaannya dilakukan setelah buka puasa,” kata Sunartono kepawa wartawan di Markas PMI Sleman, Triharjo, Sleman, Senin (27/5).

Diakui Sunartono, kegiatan donor darah kepada orang yang sedang berpuasa adalah melanggar ajaran agama atau tidak, pihaknya tidak berani memastikan. Untuk menghindari kemungkinan yang terjadi, PMI Sleman mengambil kebijakan aksi donor darah dilaksanakan usai buka puasa.

“Saya tidak tahu pasti (melanggar ajaran agama) atau tidak, tetapi kegiatan yang dilaksanakan di Masjid kita selenggarakan usai buka puasa. Kecuai seperti aksi donor darah dengan umat non Muslim, setiap saat dapat kita lakukan sesuai permintaan,” lanjutnya.

Dijelaskan, setiap bulan PMI Sleman mampu menyediakan 1000-1200 kantong darah. Apabila kebutuhan masyarakat melebihi batas, kebutuhan darah akan diusahakan ke PMI kabupaten/kota lain.

Khusus untuk masyarakat Sleman, pemerintah kabupaten setempat juga memberikan darah secara cuma-cuma. Melalui program Pelayanan Darah Sleman Gratis (Ladamanis) pasien tidak harus mengganti ongkos pengolahan darah.

“Pemkab Sleman menyediakan sekitar 10.000 kantong darah gratis per tahun. Kebijakan ini berdasarkan Peraturan Bupati Sleman No.38.26/2018 tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Jaminan Biaya Pengganti Pengolahan Darah,” terangnya.

Berdasarkan perbup tersebut, darah gratis diberikan kepada warga Sleman dengan dibuktikan KTP. Kebijakan tersebut, dapat memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan darah, terlebih kepada pasien yang membutuhkan transfusi darah secara rutin.

Warga yang membutuhkan akan dibatasi lima kantong darah pertahun terutama penderita penyakit kronis yang membutuhkan transfusi secara terus menerus.
(Awn)

Read previous post:
Ini 10 Kuliner Magelang yang Bakal Bikin Kamu Ketagihan

MAGELANG (MERAPI) - Magelang. Kota ini dikenal sangat ramah dan eksotik pemandangannya. Kalau sudah di Magelang, seperti disihir untuk berlama-lama

Close