Sekretaris DPRD Kota Yogyakarta Masih Dijabat Pelaksana Tugas

Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti menyalami pejabat yang dilantik sebagai kepala OPD. (MERAPI-TRI DARMIYATI)

UMBULHARJO (MERAPI) – Setelah hampir dua tahun diisi pelaksana tugas (Plt), kini 13 Organisasi Kepala Daerah (OPD) di Pemkot Yogyakarta dijabat kepala definitif. Hal itu setelah pejabat yang lolos dalam seleksi lelang jabatan tinggi pratama telah dipilih dan dilantik walikota.

“Akhirnya sudah sah dilantik semua kepala OPD sudah terisi pejabatnya. Ini yang sudah ditunggu-tunggu. Sekarang sudah tidak ada Plt,” kata Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti, usai melantik para pejabat di Balaikota, Rabu (29/5).

Dia menyampaikan para pejabat yang dilantik sebagai kepala OPD telah melalui seleksi lelang pejabat secara terbuka. Mulai dari administrasi, tes tertulis hingga wawancara. Lalu diambil tiga besar dalam tiap formasi dan dipilih satu oleh kepala daerah. Pihaknya menegaskan pemilihan satu pejabat dari tugas besar yang lolos tiap formasi mendasarkan kapasitas dan kompetensi yang dimiliki.

“Tidak ada like (suka) dan dislike (tidak suka). Semua kami pertimbankan dengan matang untuk kemajuan Pemkot Yogya dan sumber daya manusia,” imbuhnya.

Namun dia mengakui dari 14 formasi lelang jabatan tinggi pratama, masih ada satu posisi yang belum dilantik yaitu sekretaris DPRD (sekwan). Dia membenarkan sudah ada kandidat yang lolos dari proses lelang jabatan untuk posisi sekwan. Sesuai aturan untuk posisi sekwan harus mendapatkan persetujuan atau rekomendasi dari pimpinan DPRD Kota Yogyakarta.

“Ada satu yang belum dilantik yaitu Sekwan. Kami masih menunggu koordinasi pimpinan DPRD,” tambah Haryadi.

Total ada 63 pejabat eselon dua dan tiga yang dilantik kemarin. Selain 13 pejabat tinggi pratama, juga dilantik 28 tenaga administrator dan 22 pengawas.

Sedangkan beberapa pejabat yang dilantik mengisi 13 OPD sebagian adalah Plt di antaranya Tri Hastono Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian, Yunianto Dwisutono Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Agus Winarto Kepala Satpol PP, Sugeng Darmanto Kepala Dinas Pertanian dan Pangan serta Budi Santosa Asrori Kepala Dinas Pendidikan. Untuk camat yang lolos dan dilantik kepala OPD di antaranya Agus Arif Kepala Dinas Perhubungan, Nur Hidayat Kepala Dinas Kebakaran.

“Tidak ada intervensi selama pelaksanaan seleksi atau lelang jabatan di panitia seleksi. Jika banyak Plt yang lulus dan dilantik pada posisi jabatan sama, saya kira hal itu wajar. Mereka sudah seharusnya lulus seleksi,” paparnya. (Tri)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
50 Hektare Lahan Bandara Ditanami Pohon

TEMON (MERAPI) - Pemerintah pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan berupaya menghijaukan kembali area pembangunan Bandara Yogyakarta International Airport

Close