Kuliner Sukoharjo Siap Bikin Pemudik Ketagihan

JAKARTA (MERAPI)– Kabupaten Sukoharjo, berada di wilayah Jawa Tengah. Atau, sebelah selatan Kota Solo. Sukoharjo mempunyai banyak tempat kuliner yang enak. Pokoknya siap-siap ketagihan jika berburu kuliner di Sukoharjo.

Apalagi beberapa diantaranya merupakan langganan dari Presiden Joko Widodo alias Jokowi. Hmmm kebayangkan kelezatannya.

“Kuliner Jawa Tengah seperti di Sukoharjo memiliki rasa yang otentik yang tidak ditemukan di daerah lainnya. Makanya para pemudik selalu menyempatkan diri untuk melepas kangen dengan berwisata kuliner di Sukoharjo. Pokoknya #PesonaMudik2019 bakal makin terasa dengan beragam kuliner Sukoharjo yang lezat. Dijamin bikin ketagihan,” ucap Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Yuk langsung intip makanan-makanan khas Sukoharjo yang siap bikin kamu ketagihan.

1.Ayam Goreng Kampung Mbah Karto Tembel

Ini dia ayam goreng favoritnya, Presiden Jokowi. Adapun menu yang hampir selalu dipesannya adalah ayam goreng dengan sambel blondho (sambal hitam).

Rumah makan ini terkenal bukan hanya karena sajian ayam gorengnya yang gurih dan krenyes, tapi juga karena variasi sambalnya yang beraneka ragam.

Rumah Makan (RM) Ayam Goreng Mbah Karto Tembel terletak di Sukoharjo, atau jaraknya sekitar 30 menit dari Solo. Kini, RM tersebut dikelola oleh generasi kedua keluarga Mbah Karto.

Tempat ini terbuat dari kayu dan tanpa desain berlebihan. Meja dan kursi terbuat dari kayu seperti warung makan sederhana pada umumnya.

2.Soto Carikan

Berikutnya ada Soto Carikan. Jika kalian bosan dengan ayam goreng, boleh mencicipi hidangan dari warung soto legendaris di kota Sukoharjo ini. Hidangan soto menggunakan suwiran ayam kampun ini patut kalian coba. Kuah dengan rasa kaldu yang kuat, dijamin membuat kalian akan ketagihan. Warung ini selalu ramai dikunjungi para pembeli, terutama pada waktu sarapan dijamin akan penuh sesak. Selain nikmat, harga seporsi soto di sini sangatlah terjangkau.

Sesuai dengan namanya, Soto Carikan ini berada di wilayah Carikan Sukoharjo, lokasinya dekat dengan lampu merah Carikan menuju ke arah kejaksaan Sukoharjo. Alamat lengkapnya Soto Carikan berada di Jl. Kh. Samanhudi, Utara Pt Stritex Sukoharjo, Sukoharjo.

3.Sate Kambing Pak Momo

Siapa yang tidak kenal dengan kuliner yang satu ini. Sate Kambing Pak Momo adalah salah satu warung sate paling terkenal di Kota Sukoharjo. Warung yang sebenarnya berada di dalam kawasan kampung, tetapi selalu ramai pengunjung.

Bahkan jika kalian kesiangan sedikit saja dijamin sudah pasti kehabisan. Warung ini buka sejak pagi pukul 07.00 untuk waktu tutupnya sesuai dengan habisnya stok kambing di warung ini. Kadang-kadang baru pukul 12.00 warung ini sudah tutup karena sudah habis stok kambingnya.

Di Warung Pak Momo ini kalian bisa menikmati menu olahan kambing seperti sate, tongseng, tengkleng, gule dan masih banyak lagi. Sekali lagi jika kalian tidak ingin kehabisan silahkan datang pada pagi hari jika kalian tidak ingin pulang dengan gigit jari.

Lokasinya berada di gang depang rumah dinas Bupati Sukoharjo, alamat lengkap warung sate kambing Pak Momo berada di JL. Jend. Sudirman, Sukoharjo.

4.Ayam-Ayam Resto

Tempat Kuliner enak di Sukoharjo selanjutnya adalah Ayam-Ayam Resto. Ayam-ayam resto ini tidak hanya menyajikan makanan berupa olahan dari ayam saja, melainkan banyak sekali menu yang dapa kalian pilih di tempat ini. Di Ayam-ayam resto ini juga banyak pilihan paket, baik paket rapat, paket hajatan dan masih banyak lainnya. Tempatnya juga bisa dibilang nyaman dan luas, jadi sangat pas buat kalian bersantap bersama keluarga.

Lokasinya sangat mudah untuk dicari karena berada di jalan utama Sukoharjo-Solo. Alamat lengkapnya berada di Pandeyan, Grogol, Kabupaten Sukoharjo.

5.Klopo Warung Steak

Warung Steak dengan selogan “Tresno Jalaran Soko Kuliner” merupakan salah satu warung Steak yang populer di Sukoharjo. Tempat ini sangat pas bagi kalian yang suka dengan steak. Tidak hanya steak ayam, tetapi juga ada steak cumi, steak Udang dan steak tenderloin. Harganya juga sangat-sangat terjangkau mulai dari Rp 8.500 sampai yang paling mahal seharga Rp 17.000 per porsinya.

Ada dua tempat Klopo Warung Steak di Sukoharjo yang pertama berada di Joho dan yang kedua berada di daerah Perumahan Korpri Gayam. Keduanya merupakan cabang pusat dari warung ini. Alamat Klopo Steak Joho Jl. Wandyo Pranoto No. 67 Pandowo, Joho, Sukoharjo Sedangkan Klopo Steak Gayam berada di Jl. DR. Sutomo, Blok B No. 28-29 Perum Korpri/Gayamsari, Gayam, Sukoharjo.

6.Teko Jawi

Wisata Kuliner di Sukoharjo tidak pas kalau tidak merasakan angkringan. Di Teko Jawi ini kalian dapat menikmati makanan khas angkringan dengan suasana lebih modern dan tertata rapi.

Aneka macam Sundukan akan membuat kalian bingung untuk memilih yang mana. Menu andalan dari Teko Jawi ini adalah nasi bakarnya. Ketika kalian berkunjung ke tempat ini, kalian harus coba nasi bakarnya.

Terletak di jalan Sukoharjo-Wonogiri akan membuat Teko Jawi ini mudah untuk ditemukan. Alamat Teko Jawi ini berada di Jalan Slamet Riyadi No.88, Gayam, Sukoharjo.

7.Bakso Pak Bag

Siapa yang tidak kenal dengan makanan bernama Bakso. Bakso sudah jadi makanan populer di seluruh penjuru Indonesia. Karena itu Sukoharjo juga punya andalan warung bakso yang enak yatiu warung bakso Pak Bag. Andalan dari warung bakso ini adalah bakso urat dan bakso rusuknya. Dihidangkan dengan kuah kaldu yang sangat gurih menjadikan rasa bakso Pak Bag ini sulit untuk ditolak.

Warung ini selain menyediakan menu bakso, di sini kalian juga dapat memesan mie ayam yang tidak kalah enaknya. Warung Bakso Pak Bag ini buka dari pukul 10.00 pagi sampai 20.00. Jika kalian penasaran dengan rasa baksonya pak Bag, jangan datang terlalu malam, bisa-bisa nanti kalian akan gigit jari karena kehabisan.

Lokasinya berada di kawasan Solo Baru. Alamat lengkap Bakso Pak Bag ini berada di Jalan Ir.Soekarno No.90, Madegondo Solo Baru, Grogol.

8.Ayam Goreng Mbak Mulyani

Sukoharjo memang terkenal dengan kuliner ayam goreng kampungnya. Selain Mbah Karto kalian bisa juga mampir ke warung ayam goreng Mbak Mulyani ini. Konon kabarnya mbak Mulyani ini anak dari Mbah Karto Tembel. Jadi untuk rasa tidak usah diragukan lagi.

Jika di mbah karto terkenal dengan sambel blondonya, di sini kalian lebih dimanjakan dengan aneka lalapannya. Khas dari ayam goreng mbak mul ini adalah ayam goreng ditemani sambel bawang yang pedas serta dilengkapi dengan trancam dan rebusan daun pepaya.

Mbak Mulyani ini memiliki beberapa cabang. Ada yang berada di wilayah Sukoharjo kota, Tawangsari dan Begajah. Di semua cabang milik mbak Mul ini rasanya sama-sama nikmatnya. Paling baru, ayam goreng Mbak Mulyani ini membuka cabang di salah satu Mall di Sukoharjo, jika kalian berada di The Park, kalian bisa mencicipi ayam goreng ini.

9.Kedai Samurai Sukoharjo

Tempat Makan di Sukoharjo lainnya adalah di Kedai Samurai Sukoharjo. Kedai ini menjual beraneka macam menu makanan asia. Sesuai namanya yang ke jepang-jepangan, di kedai ini kalian dapat menikmati makanan Jepang seperti Sushi dengan harga yang sangat terjangaku.
Kedai ini berada di dekat RSUD Sukoharjo. Alamat lengkap Kedai Samurai Sukoharjo ini berada di Jalan Dr.Muwardi No.62, Gayam, Sukoharjo.

10.Mie Ayam Kering, Warung Lumayan Bu Marni

Kuliner Sukoharjo terakhir adalah Warung Lumayan Bu Marni. Di warung ini menyediakan bakso dan mie ayam. Sepintas hanyalah biasa saja tidak ada yang spesial, tetapi setelah mencoba mie Ayam Kering di warung ini dijamin kalian akan ketagihan untuk balik ke warung ini lagi.

Meskipun warungnya terbilang cukup kecil tetapi tidak pernah sepi dari antrian pembeli. Warung yang buka mulai pukul 09.00 pagi ini selalu habis sebelum magrib. Jadi jika kalian penasaran dengan Mie Ayam Keringnya Bu Marni silahkan datang pada saat pagi atau siang hari.

Warung ini berada di belakang RSUD Sukoharjo dan SMP 3 Sukoharjo. Warung Lumayan ini berada di Jalan Kakap, Darmosari, Gayam, Sukoharjo. (*)

Read previous post:
Kemenpar Uji Kompetensi 120 Tenaga Kerja Kepariwisataan di Labuan Bajo

JAKARTA (MERAPI)- Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggelar uji kompetensi bagi 120 tenaga kerja yang bergerak di bidang pariwisata di sekitar destinasi

Close