Mudik Kurang Sip Kalau Belum Coba Kuliner di Sleman

JAKARTA (MERAPI)– Yogyakarta terkenal kekayaan kulinernya. Dan itu tersebar ke berbagai daerah, termasuk Sleman. Bahkan, kuliner Sleman terus berkembang. Banyak tempat makan dengan menu baru yang dikunjungi banyak orang. Baik, dari Yogkarta atau kota lain di Indoensia.

Menu kuliner yang ditawarkan di Sleman beragam. Mulai dari masakan tradisional, sampai mancenegara. Bukan hanya itu, gerai kuliner di Sleman ditata dengan apik dan menawan. Efeknya ketika orang berkunjung selain menikmati makanan bisa juga merasakan suasana yang nyaman ketika di lokasi.

Menteri Pariwisata Arief Yahya, mengatakan, Kementrian Pariwisata akan terus angkat kuliner daerah agar makin dikenal di mancanegara. “Wisata kuliner semua daerah di Indonesia akan terus dipromosikan,” ungkap Arief.

Agar bisa diterima secara gobal, menurut Arief, wajib ada standarisasi kuliner. “Dengan memberikan standarisasi kuliner, diharapkan wistawan puas dengan kuliner yang disajikan oleh penjualnya,” tukas Arief.

Untuk lebih jelasnya pada #PesonaMudik2019, kami suguhkan 10 destinasi kuliner Sleman yang sedang ngetop.

1.Rumah Makan Kopi Bukan Luwak

Rumah Makan Kopi Bukan Luwak berada di Pakem, Slemen (20 km dari pusat kota Yogyakarta). Rumah makan ini hadir dengan suasana sejuk dengan arsitektur bergaya jadul.

Menyajikan beragam menu tradisional yang biasa ada di rumah. Salah satu menu andalannya mangut lele yang gurih dan nikmat.

2.SGPC Bu Wiryo 1959

SGPC adalah sego pecel. Makanan yang populer di mana-mana. Di Sleman ada gerai SGPC Bu Wiryo 1959 yang telah lama disukai banyak orang. Setiap akhir pekan selalu ramai dikunjungi pencinta kuliner.

Sego pecel di warung ini biasa dikombinasikan dengan telur ceplok, beragam gorengan, sate telur puyuh, atau sate usus. Racikan bumbu pecelnya menjadikan makanan ini gurih dan lezat. Lokasinya berada di jalan Agro, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman.

3.Soto Bathok Mbah Katro

Soto ini memandukan kuah bening dan daging sapi. Lalu, soto disajikan dalam bathok (tempurung kelapa) dipadu denga tempe goreng, sate usus, atau sate telur puyuh.

Daging yag empuk dan kuah yang gurih membuat soto bathok Mbah Marto amat dikenal di Yogyakarta. Asyik, makannya sambal lesehan bersama keluarga atau teman-teman. Lokasinya berada di jalan Candi Sambisari, Purwomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman.

4.Jogja Paradise Food Court

Tempat makan ini lagi ngehits di Sleman. Ya, ini adalah tempat makan sekaligus buat nongkrong kaum milenial Sleman dan sekitarnya.

Ada banyak menu disajikan di tempat ini. Mau makanan lokal atau mancanegara tersedia di sini. Salah satu yang disukai banyak orang adalah sate dari gerai Sate Ratu. Lalu, ada steak dari Bosteak Kitchen Jogja Paradise Food Court. Rasanya lezat, bikin air liur menetas. Lokasinya berada di jalan Magelang km 6, Sleman, Indonesia.

5.Warung Kepik Sawah

Tata ruang dan properti warung Kepik Sawah memadukan unsur budaya lokal dan modern. Di sekelilingnya terdapat hamparan sawah yang memukau. Makanan dan minumannya asyik buat dicicipi.

Di sini Anda bisa menikmati minuman yang sohor pada masa lampau, ada Sarsaparilla dan Soda Soemringah.

Makanannya ada garang asem, gadon, dan ikan bakar. Rasanya lezat dan mantap. Jika mau berkunjung sambangi saja warungnya di jalan Godean, Sidoagung, Kabupaten Sleman.

6.Warung Makan Ayam Geprek Bu Rum 1

Warung makan ini berdiri sejak 2003 di kawasan kuliner yang ramai. Ketika baru berdiri, rumah makan yang meyediakan menu ayam geprek di Yogyakarta belum banyak. Bisa dikatakan Bu Rum menjadi pelopor mempopulerkan ayam geprek di Kabupaten Sleman.

Kekuatan rasa pada ayam gepreknya ada pada racikan sambel yang jempolan. Utamnya, sambal bawang yang pedas. Anda tinggal memesan tingkat kepedasan sambalnya. Lokasinya berada di jalan Wulung Lor Papringan, Sleman.

7.Warung Kopi Klotok

Warung Kopi Klotok dibangun dengan gaya rumah tradiosional Jawa Tengah yang keren. Warung ini selalu ramai dikunjungi. Mereka pajang foto-foto ketika makan di tempat ini.

Menunya asoy, ada sayur lodeh, sayur lombok ijo, telur, tempe, tahu, dan masakan rumahan lainnya. Lokasinya berada di jalan Kaliurang KM 16, Pakem, Yogyakarta.

8.Kalimik Jogja

Jika Anda mau menikmati segelas susu yang nikmat, datangi saja Kalimik Jogja. Ya, tempat ini menyediakan beragam varian olahan susu. Wow, ada 9 pilihan rasa untuk sajian susu panas dan 22 pilihan rasa untuk susu dingin.

Kalau ingin makan lezat di tempat ini menjual nasi goreng, beef teriyaki, kalikaya bread, kali pancake, dan klapertaart. Lokasinya berada di jalan Kaliurang km 4.9, Caturtunggal, Depok, Sleman.

9.Jejamuran

Mau menikmati kudapan dari jamur? Datangi saja gerai Jejamuran Jogja yang memiliki beragam menu jamur. Jamur yang disuguhkan dipilih dari jamur-jamur yang sehat untuk dikonsumsi.

Gerai kuliner jamur ini berada di jalan Magelang km 11, Pandowoharjo, Tridadi, Sleman. Selain menu jamur di sini juga menyediakan cemilan juga dari jamur. Tersedia kripik jamur kuping, kripik jamur kancing, kripik jamur tiram, dan kripik jamur merang.

10.Gudeg Bromo Bu Tekluk

Gudeg Bromo Bu Tekluk sudah berdiri sejak 1984. Tempatnya sederhana, berupa tenda kami lima. Warungnya buka mulai pukul 23.00 sampai 05.00. Cocok yang ingin menikmati kuliner tengah malam.

Gudeg di warung ini jangan diragukan lagi soal rasanya.Lezat. Salah satu menu yang disukai banyak orang, gudeg basah. Satu porsi gudeg basah dapat dipadukan dengan beragam lauk, seperti telur bacem, tempe, tahu, ayam suwir, dan lainnya. Penasaran ingin mencoba? Datangi saja alamatnya di jalan Gejayan, Mrican, Sleman. (*)

Read previous post:
USAI VERIFIKASI VENUE PORDA DIY – KONI Yogya Segera Lakukan Perbaikan

YOGYA (MERAPI) - KONI Kota Yogya siap melakukan berbagai perbaikan agar tempat atau venue pertandingan untuk Pekan Olahraga Daerah (Porda)

Close