Pemudik yang Melintas di Jalur Selatan, Jangan Lupa Cicip Kuliner Kulon Progo Ya

JAKARTA (MERAPI)– Sudah sampai mana perjalanan mudik kalian? Sudah tiba di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta? Kalau iya, maka kamu harus mencoba kuliner di kota yang cantik ini. Bukan tanpa alasan, Kulon Progo punya banyak penganan tradisional yang khas.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, Kulon Progo menawarkan destinasi yang lengkap, termasuk kulinernya. “Kuliner yang dimiliki Kulon Progo sangat khas. Kalian yang sedang mampir atau memang menuju kesana, patut mencoba kulinernya,” kata Arief Yahya.

Berikut 10 Top Kuliner di Kulon Progo yang bisa menjadi panduan kamu:

1.Tempe Besengek

Kuliner pertama di Kulon Progo yang populer adalah tempe besengek. Dari namanya yang cukup eksotik, kuliner ini memiliki rasa yang sangat khas.

Tempe besengek terbuat dari tempe benguk. Berwarna hitam khas biji benguk dan diselimuti putihnya santan. Daerah yang terkenal dengan tempe besengek adalah Kecamatan Krembangan.

Tempe besengek ini sangat mudah dijumpai di pasar-pasar daerah Kulon Progo, atau biasa ditemui di penjual penganan geblek. Tempe besengek di jual dengan harga sekitar Rp3.000-Rp5.000 per bungkus.

2.Geblek

Nah, kuliner Kulon Progo ini sama khasnya dengan tempe besengek. Geblek terbuat dari tepung kanji, bawang putih dan garam. Rasanya wihhh!! gurih dengan tekstur kenyal. Bentuknya angka 8, mirip lanting. Biasanya, penjual geblek sama dengan tempe besengek atau jika mencari toko oleh-oleh, geblek terdapat di Geblek Boto, di Boto Wetan, Kembang, Nanggulan, Kulon Progo.

Harga Geblek dijuak per pak Rp5 ribu sampai 10 ribu sesuai dengan beratnya. Cara menikmati geblek saat hangat dan ditemani secangkir teh hangat.

Bukan hanya kuliner, geblek kini menjadi inspirasi pembatik karena bentuknya yang unik. Motif geblek menjadi motif batik di Kulon Progo. Ide ini muncul dari Bupati Kulon Progo, Hasto Wardoyo yang mencanangkan program memakai batik lokal. Sejak pertengahan 2013, motif geblek renteng ini telah terdaftar HAKI-nya di Kementerian Hukum dan HAM RI.

3.Growol

Pernah dengar Growol? Growol ini cukup melegenda di Kulon Progo, tidak kalah dengan gelke dan tempe besengek. Growol adalah olahan singkong pengganti nasi. Growol biasa dijual dengan harga Rp 10 ribu per kg. Growol ini bisa dijadikan sebagai diversifikasi pangan pengganti nasi. Teksturnya lembut sangat nikmat.

4.Rumah Makan Ayam Goreng Bu Hartin

Rumah Makan Bu Hartin menambah tujuan kuliner kamu di Kulon Progo. Ayam goreng di rumah makan ini snagat populer di Kulon Progo. Cita rasa masakan ayamnya dikenal gurih.

Salah satu cabang Rumah Makan Bu Hartin berada di tepi Jlalan Nasional Kabupaten Kulon Progo. Tepatnya, di Desa. Gunung Gempal. Rumah Makan Ayam Goreng Bu Haryin buka dari pukul 08.00-23.00 WIB.

5.Teh Sangrai

Perbukitan menoreh di Kulon Progo memiliki 200 hektare perkebunan teh yang terdapat di Desa Nglinggo. Varian teh hijau ditanam di perkebunan ini. Proses pembuatan teh di Nglinggo ini menggunakan proses tradisional. Sangat natural.

Cara menyeduh teh, yaitu daun teh yang sudah diangin-anginkan, disangrai hingga kering. Setelah kering, diseduh dengan air panas. Harum teh sangrai ini sangat menggoda dan membuat kamu selalu kangen untuk kembali ke Kulon Progo.

6.Kopi Menoreh Pak Rahmat

Perbukitan Menoreh sangat subur. Tidak hanya teh yang ditanam di tanah yang pernah disinggahi Pangeran Diponegoro ini, kopi pun tumbuh subur. Kopi yang dihasilkan disebut kopi menoreh.

Kopi menoreh memiliki dua varian, yaitu Arabika dan Robusta. mencari kopi menorej sangat mudah. Kamu bisa menikmati di kedai-kedai kopi yang berada di perbukitan menoreh. Salah satunya adalah Kedai Kopi Pak Rahmat. Kedai ini buka 24 jam.

Satu paket menu kopi mneoreh dibanderol Rp12 ribu. Paket itu terdiri dari dua gelas kopi dan gula beserta 1 piring gorengan. Bagi Anda yang ingin membawa oleh-oleh Kopi, juga disediakan Kopi Menoreh yang sudah dikemas. Berikut harga kopi Pak Rohmat dalam kemasan:

7.Dawet Sambel Mbak Sirep, Nanggulan

Nama dawet mungkin tidak asing bagi kamu. Tapi kalau nama dawet bersanding dengan sambal menjadi dawet sambal gimana ya rasanya? Dawet sambel adalah sajian unik khas Kulon Progo. Dawet Sambel merupakan kombinasi dari minuman Dawet yang disajikan dengan taburan sambal, bawang goreng, dan kecambah. Sensasi rasanya benar-benar unik.

Dawet Sambel ini bisa kamu temukan di daerah Jatimulyo, sekitar Objek Wisata Taman Sungai Mudal. Untuk menikmati satu mangkok Dawet Sambel dihargai Rp 3 ribu.

8.Pring Petung Resto n Cafe

Pring Petung Resto n Cafe lokasi tepatnya di belakang Stasiun KA Wates, Kulon Progo. Lokasinya juga berdekatan dengan pusat Kota Wates.

Menu yang disediakan antara lain, aneka masakan Ikan dan Ayam, Sop dan juga berbagai minuman segar. Seperti Es Durian dan Es Teller. Pring Petung Resto n Cafe buka pukul 08.00-02.00 WIB.

9.Dapur Semar Resto

Dapur Semar memiliki suasana yang khas desa. Terletak di area persawahan tidak membuat suasananya sejuk. Dapur Semar Resto menawarkan aneka menu olahan Ikan dan Ayam.

Dapur Semar Resto terletak di sebelah barat Alun-Alun Wates, tepatnya di Jl Tentara Pelajar, sebelum RSUD Wates, mulai pukul 08.00 22.00 WIB.

10.Bebek Goreng Nggirli Resto

Kuliner terakhir yang wajib kamu coba adalah bebek goreng Nggirli Resto. Bebek gorengnya sangat maknyus yang membuat lidah menari-nari akan kelezatannya.

Bebek goreng Nggirli Terletak di dekat jembatan Sungai Serang, Jalan Kolonel Sugiono no.44. Resto ini memiliki ruang yang luas, jadi tak perlu khawatir kehabisan tempat. Bebek Goreng Nggirli Resto buka 24 jam.(*)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Walikota Ajak Warga Pakai Produk UMKM

PULUHAN tenda dengan berbagai produk kebutuhan warga berderet di Jalan Ipda Tut Harsono timur Balaikota Yogyakarta. Mulai dari kebutuhan pokok

Close