NARKOBA DIEDARKAN DI SLEMAN-Polisi Sita Sabu Senilai Rp 263 Juta

MERAPI-SAMENTO SIHONO Kompol M Kasim Akbar Bantilan menunjukan barang bukti sabu
MERAPI-SAMENTO SIHONO Kompol M Kasim Akbar Bantilan menunjukan barang bukti sabu

SLEMAN (MERAPI)- Satresnarkoba Polres Sleman menangkap seorang pengedar narkotika sabu beromset besar berinisial PU warga Solo Jawa Tengah. Dari tangannya polisi menyita barang bukti sabu seberat 203, 23 gram atau seharga Rp 263 juta.
Wakapolres Sleman Kompol M Kasim Akbar Bantilan didampingi Kasat Narkoba AKP Andhyka Dhonny kepada wartawan, Selasa (28/5) mengatakan, kasus ini terungkap setelah ada informasi dari masyarakat tentang adanya peredaran sabu di Sleman.
“Dari informasi itu kemudian kita lakukan penyelidikan dan akhirnya berhasil menangkap pengedarnya, PU di wilayah Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah,” kara Bantilan.
Ia mengatakan, pengungkapan kasus sabu tersebut merupakan yang terbesar dalam beberapa tahun terakhir. Pasalnya biasanya pasaran harga sabu Rp 1,3 juta per gram nya. Jika ditotal, sabu yang diamankan seharga Rp 263 juta.

“Jadi omsetnya itu termasuk sangat besar,” ujarnya.
AKP Andhyka Donny menambahkan, sehari-hari pelaku merupakan karyawan di salah satu bengkel di wilayah Surakarta. Modus bisnis sabu yang digunakan yakni dengan mengirim langsung ke alamat ataupun langsung bertemu dengan pembeli.
“Pelaku ini masih punya bawahan. Jadi kasus ini masih kami kembangkan terus, terutama dari mana ia dapatkan barang itu dan di mana saja penyebarannya,” katanya.

Kepada polisi, PU mengaku baru empat bulan menjalani bisnis penjualan sabu tersebut. “Baru empat bulan jual. Saya hanya mendapat upah sabu, dari sabu yang saya jual. Sabu itu kemudian saya konsumsi sendiri,” akunya.
Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku ditahan di Polres Sleman. Dia dijerat Pasal 114, 112, dan 127 UU 35/2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman maksimal seumur hidup dan denda Rp 10 miliar. (Shn)

Read previous post:
Mudik Kurang Sip Kalau Belum Coba Kuliner di Sleman

JAKARTA (MERAPI)– Yogyakarta terkenal kekayaan kulinernya. Dan itu tersebar ke berbagai daerah, termasuk Sleman. Bahkan, kuliner Sleman terus berkembang. Banyak

Close