ASN Sukoharjo Sudah Terima THR

Ilustrasi

SUKOHARJO (MERAPI) – Sebanyak sembilan ribu aparatur sipil negara (ASN) Pemkab Sukoharjo sudah menerima pembayaran tunjangan hari raya (THR) Idul Fitri. Dalam pembayaran tersebut Pemkab Sukoharjo tidak mengalami kendala karena dana sudah dianggarkan melalui APBD 2019.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo Agus Santosa, Minggu (26/5) mengatakan, teknis pembayaran THR dilakukan Pemkab Sukoharjo setelah ada kejelasan dari pemerintah pusat pada Jumat (24/5) kemarin. Pada saat itu pemerintah pusat sudah memerintahkan pada daerah segera mencairkan THR ASN. Proses selanjutnya dilakukan Pemkab Sukoharjo dengan pengajuan pencairan dana THR.

“Soal total anggaran dan rinciannya ada di Badan Keuangan Daerah (BKD). Tapi pada intinya dana sudah siap semua dan tinggal dibayarkan ke ASN,” ujarnya.

THR dibayarkan melalui teknis transfer ke rekening masing masing para ASN seperti biasa saat pembayaran gaji reguler. Pemkab Sukoharjo berharap semua ASN sudah menerima pencairan THR.

“Jumat (24/5) sudah ada instruksi dari pemerintah pusat untuk pencairan dana THR pada ASN. Seharusnya semua sudah dicairkan. Kalaupun masih ada ASN yang belum kemungkinan terkendala di masing masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat karena belum siap menginggat ada dua hari libur Sabtu dan Minggu (25-26/5). Jadi paling lambat Senin (27/5) semua beres,” lanjutnya.

Pemkab Sukoharjo dalam pembayaran THR pada semua ASN tidak mengalami kendala karena anggaran telah disiapkan jauh hari melalui APBD 2019. Dana tersebut tinggal ducairkan saja setelah ada instruksi dari pemerintah pusat. Hal serupa juga sering dilakukan Pemkab Sukoharjo setiap tahun saat pembayaran THR.

Untuk tahun 2019 ini Pemkab Sukoharjo menganggarkan dana untuk membayar THR ASN. Dana yang dianggarkan setiap tahun mengalami perubahan karena disebabkan beberapa faktor seperti adanya ASN pensiun, meninggal dunia, pindah atau penyesuaian lainnya. Nominal THR ASN juga disesuaikan dengan ketentuan dari pemerintah pusat.

“Dalam sejarahnya dulu Pemkab Sukoharjo pernah punya ASN sekitar 11 ribu kemudian turun jadi 10 ribu dan sekarang tinggal 9 ribu orang. Jumlah ASN berkurang karena pengaruh pensiun dan meninggal dunia. Itu paling banyak dan terendah karena pindah kerja,” lanjutnya.

Pemkab Sukoharjo berharap adanya pencairan dana untuk para ASN berupa THR bisa membantu dalam memenuhi kebutuhan Lebaran. THR yang diterima diharapkan juga bisa dimaksimalkan karena nominalnya tidak sedikit. (Mam)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Mandi di Sungai, Rafly Tewas Tenggelam

TEMANGGUNG (MERAPI) - Seorang bocah, Rafly Muhamad Nabil (12) warga Dusun Bolang Desa Klepu Kecamatan Kranggan meninggal akibat tenggelam di

Close