Pagar Pembatas Jalan Langganan Macet Dipasang

Pagar pembatas dipasang di Jalan Senopati untuk mengurai kepadatan lalu lintas menjelang Lebaran. (MERAPI-TRI DARMIYATI)

UMBULHARJO (MERAPI) – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Yogyakarta melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengatasi kepadatan menjelang Lebaran. Rekayasa dilakukan dengan melakukan kanalisasi arus di beberapa titik menggunakan pagar pembatas.

“Kami lakukan kanalisasi arus dengan memasang pagar pembatas di beberapa ruas jalan yang selama ini cukup padat lalu lintasnya,” kata Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kota Yogyakarta, Windarto, Jumat (24/5).

Beberapa titik jalan yang dilakukan kanalisasi arus yakni di sepanjang Jalan Senopati dari simpang Gondomanan sampai simpang Bank Indonesia. Titik kedua di sepanjang Jalan Mataram dan jalan-jalan sekitar Gembira Loka Zoo.

Dia menyampaikan, beberapa titik jalan tersebut sudah mulai dipasangi pagar pembatas. Pemasangan pagar pembatas di beberapa titik jalan itu dilakukan sampai masa angkutan lebaran selesai.

“Pemasangan pagar pembatas agar penggendara mengikut arus lalu lintas yang diatur. Jadi pengguna kendaraan tidak bisa berbelok sembarangan di tengah jalan. Kalau belok sembarang, bisa mengganggu kelancaran arus,” jelasnya.

Dishub Kota Yogyakarta juga melakukan pengaturan parkir dan terkait ketentuan tarif parkir. Termasuk pengawasan terhadap potensi parkir liar dan pelanggaran tarif parkir. Selain itu menambah papan informasi mengenai ketentuan tarif parkir.

“Kami akan perbanyak banner yang berisi informasi ketentuan tarif parkira agar pelanggan tahu,” tambah Windarto.

Jalur-jalur alternatif juga disiapkan dengan pemasangan rambu-rambu penunjuk yang maksimal terpasang pada 29 Mei 2019. Dia menyebut ada sekitar 13 rambu yang disiapkan untuk dipasang koridor-koridor pintu masuk dari timur, barat dan selatan Kota Yogyakarta.

“Kalau di dalam kota pengaturan kerjaa sama kepolisian dan kominfo untuk memberikan arahan. Kami juga mengurai kemacetan di simpang melalui ATCS yang sudah terpasang di 32 simpang,” tandasnya. (Tri)

Read previous post:
Top, Vietjet Air Buka Penerbangan Ho Chi Minh City – Denpasar

JAKARTA (MERAPI)- Konektivitas udara Bali bertambah kuat. Sebab, maskapai Vietjet akan melakukan inaugural flight. Rutenya Bandara Tan Son Nhat (Ho

Close