TIDAK ADA JUAL BELI- Gugatan Pengosongan Rumah Ditolak


Kuasa hukum para tergugat, Dr (C) Wilpan Pribadi SH MH MEDIATOR. (MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)
Kuasa hukum para tergugat, Dr (C) Wilpan Pribadi SH MH MEDIATOR. (MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)

BANTUL (MERAPI) – Gugatan pengosongan rumah yang diajukan penggugat Dwi Haryanto SE terhadap para tergugat Ulin Nikmah dan Triyono warga Iroyudan Guwosari Pajangan Bantul akhirnya ditolak majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Bantul. Ditolaknya gugatan karena dalam persidangan tak terbukti adanya jual beli yang didalilkan penggugat.

“Selama ini tidak pernah terjadi jual beli antara penggugat dan para tergugat terkait objek SHM No 01249/Guwosari seluas 252 m2 karena para pihak tidak saling kenal. Bila terjadi jual beli maka hal itu tidak sah karena selama ini objek yang disengketakan menjadi jaminan di BPR Nguter Surakarta yang berada di Klaten sehingga gugatan tersebut ditolak majelis hakim,” ujar Dr (C) Wilpan Pribadi SH MH MEDIATOR, kuasa hukum para tergugat kepada wartawan, Rabu (22/5).

Disebutkan dalam eksepsi para tergugat, bila penggugat mengajukan gugatan pengosongan di PN Bantul maka hal itu salah alamat. Seharusnya gugatan dilakukan di PN Klaten karena objek sengketa menjadi jaminan di BPR Nguter Surakarta. Agar tidak terjadi putusan tumpang tindih maka PN Klaten yang memiliki kewenangan untuk memeriksa dan mengadili. Sehingga dalam putusan sela majelis hakim menyatakan menolak gugatan penggugat.

Seperti diketahui dalam gugatannya, penggugat menyatakan para pihak telah mengikatkan diri dalam perjanjian jual beli berdasarkan Akta Jual Beli (AJB) pada 15 Juni 2017 oleh PPAT Sulistyaningsih SH untuk pembelian tanah dan bangunan SHM 01249 seluas 252 m2 di Guwosari Pajangan Bantul. Dalam jual beli penggugat telah membayar kepada para tergugat sebesar Rp 150 juta.

Jual beli yang dituangkan dalam akta seharusnya diikuti dengan adanya pengosongan para tergugat. Namun sampai dengan diajukannya gugatan tidak segera pergi. Karena tak melakukan isi perjanjian maka para tergugat dinilai telah melakukan wanprestasi sehingga digugat ke PN Bantul tetapi ditolak pengadilan. (C-5)


Pin It on Pinterest

Read previous post:
PRAPERADILAN KASAT RESKRIM POLRES BANTUL- Sengketa Kedua Pihak Masuk Ranah Perdata

BANTUL (MERAPI) - Sidang permohonan praperadilan yang diajukan pemohon kontraktor, Sutoto Hermawan terhadap termohon Kasat Reskrim Polres Bantul kembali digelar

Close