Mau Tau Kuliner Yang Bisa Dijumpai di Kuningan? Berikut Rekomendasinya

KUNINGAN (MERAPI) – Kuningan, Jawa Barat seperti wilayah lain di Indonesia memiliki banyak kuliner lezat yang bisa kita cicipi. Makanannya punya ciri khas yang tak ada di tempat lain. Jelas hal ini modal besar untuk mendatangkan wisatawan yang gemar berburu makanan nikmat.

Menteri Arief Yahya mengatakan, pemerintah tak pernah alpa untuk mempromosikan kuliner Indonesia. “Kita tahu pemerintah telah menetapkan Jawa Barat, sebagai tujuan wisata halal,” ungkap Arief.

Menurut Arief, Kuningan sebagai bagian dari Jawa Barat, pada #PesonaMudik2019 punya potensi besar untuk jadi tujuan wisata halal itu.

Untuk lebih lengkapnya, yuk simak 10 tempat makan enak di Kuningan.

1.Hucap

Nama hucap berasa dari kata tahu dan kecap. Penganan ini sudah lama ada di Kuningan. Hucap terdiri dari ketupat yang dipotong-potong dan tahu yang sudah digoreng. Lalu, diberi bumbu kacang dan kecap. Efeknya ada rasa gurih dari kacang dan kecap, plus rasa empuk dari tahunya.

Penjual Hucap di Kuningan cukup banyak. Jika Anda jalan ke pasar akan mudah menemukan penjual hucap. Biasanya buka pagi hari. Salah satu hucap yang terkenal adalah buatan Mi Iroh yang berada di jalan Dewi Sartika, Kuningan. Tempat ini selalu ramai dikunjungi banyak orang.

2.Nasi Kasreg

Mau makan nasi dengan sensasi berbeda? Kalau iya, nasi kasreg dari Kuningan dapat Anda coba. Nasi kasreg terdiri dari nasi, udang rebon, sambal, sayur tauge, dan gorengan. Padu padan nasi udah rebon dan tauge serta sambal ini menjadikan, makanan ini gurih dan lezat untuk dinikmati.

Salah satu penjual nasi kasreg adalah Lina yang berada di jalan Dewi Sartika Nomor 27, Kabupaten Kuningan. Warung yang buka 24 jam ini selalu ramai dikunjungi banyak orang baik dari Kuningan atau dari luar kota.

3.Golono

Golono banyak didadapati di warung yang menjual gorengan di Kuningan. Makanan ini memakai bahan dari ampas tahu yang diberi bumbu. Makanan ini biasa disantap pada pagi hari bersama dengan lontong.

Rasa pedas merica, bawang merah, dan rempah lainnya membuat golono asyik buat dinikmati. Penjual golono terdapat di Kecamatan Lebakwangi, Luragung, Ciwaru, Cibingbin, Didahu, dan Ciawi. Salah satu penjual golono ada di daerah Cigedang, Luragung, Kuningan.

4.Rujak Kangkung

Kangkung rebus diberi bumbu rujak itulah makanan khas Kuningan. Ya, rujak kangkung ini memakai bumbu siram yang terdiri dari kacang, cabe, asam jawa dan lainnya.

Ketika dimakan rasa kangkung menjadi pedas dan segar di mulut lantaran adanya campuran asam Jawa.

Walaupun pedas, rujak kangkung disukai banyak orang. Banyak orang dari luar Kuningan datang untuk sekadar menikmati rujak kangkung.

Salah satu tempat makan rujak kangkung ada di Desa Sindang Jawa Kecamatan Cibingbin, Kabupaten Kuningan. Di warung Ibu Dueng ini, kangkung selalu segar. Jadi ketika orang mau makan, kangkung baru direbus dan langsung bisa dinikmati pembeli.

5.Tahu Lamping atau Tahu Kopeci

Tahu lamping merujuk dari awal lokasi pembuatan tahu ini. Lamping berarti pinggir Gunung Ciremai. Ini adalah hasil kreasi pemuda Kuningan pada masa lampau dan diwariskan turun temurun.

Jika dibandingkan dengan tahu Sumedang, tahu lamping lebih pendek dengan kulit bagian luar tidak berkerut-kerut. Nah, bagian dalam tahu Sumedang tidak berisi alias kopong, sedangkan lamping lebih padat. Jika mau beli, sambangi saja kios tahu lamping di jalan Raya Manislor Jalaksana, Kuningan.

6.Papais

Papais adalah makanan khas Kuningan yang terbuat dari beras ketan atau ketela pohon. Lalu, dibungkus daun pisang. Isinya bisa macam-macam, ada papais enten di dalammnya ada parutan kelapa dicampur gula merah. Lalu, papais monyong berbentuk kerucut dengan isi kacang hijau dan papais koci denga isi berkelir hijau dari campuran kepala parut dan gula merah.

Makanan lezat dan empuk ini asyik buat timpalan ngopi di pagi atau sore hari. Salah satu penjual papais adalah Ceu Juju yang berada di jalan Ramajaksa No.402, Dusun Kramat Jaya, Kuningan.

7.Dapur Bebek

Jalan-jalan ke Kuningan, jangan lewatkan mampir ke rumah makan Dapur Bebek. Yup, di tempat ini Anda bisa cicipi gurihnya olahan bebek yang buat air liur menetes. Lezat.

Tempatnya dirancang nyaman dan ramah terhadap anak (tersedia mainan anak). Lokasinya berada di jalan Siliwangi No. 5 Purwawinangun, Kuningan.

8.Rumah Makan Cipondok

Rumah makan sohor ini berada di desa Cipondok, Kuningan. Olahan ikan gurame menjadi salah satu menu favorit dari rumah makan ini. Lainnya adalah menu makanan khas Kuningan.

Pemandangan sekitar rumah makan terlihat keren. Di sekelilingnya ada hamparan persawahan yang indah. Tempat yang luas, cocok untuk makan bersama keluarga besar. Asyik makan bersama sambil nikmati pemandangan sawah yang alami. Alamatnya berada di jalan Windujanten No. 75, Kuningan.

9.Rumah Makan Lembah Ciremai

Mau makan ayam kampung bakar lezat di Kuningan? Kalau iya, pencinta kuliner mesti datang ke Rumah Makan Lembah Ciremai. Tersedia juga menu khas Kuningan dan Indonesia yang pasti lezat buat dinikmati.

Rumah makan yang berdiri sejak 2003 ini berada di jalan Raya Kuningan, Kramatmulya, Kuningan. Tempat ini juga menyediakan fasilitas dining room, meeting room dan lesehan. Cocok untuk dikunjungi rombongan dalam jumlah besar.

10.Resto Grage Lanai

Resto Grage Lanai menyajikan menu pepes gurame, gurame asam manis, goreng kering, sop, iga penyet, gepuk, ayam goreng kampung, dan lainnya. Dari menunya sudah terbayang kalu rumah makan ini siap bikin air liur Anda menetes. Lezat.

Selain menikmati makan enak, Anda bakal disuguhkan pemandangan gunung Ciremai. Lalu, ada pula danau yang bakal bikin betah berlama-lama di tempat ini. Tempat makan ini berada di jalan Sangkanhurip, Panawuan, Cigandamekar, Kabupaten Kuningan. (*)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
HADAPI SEMEN PADANG DI LAGA KEDUA – PSS Diuntungkan Jadwal

SLEMAN (MERAPI) - PSS Sleman menargetkan meraih poin penuh di laga kedua Liga 1 melawan Semen Padang Sabtu (25/5) mendatang.

Close