Gelapkan 20 Mobil Rental, Dua Penipu Diringkus

ilustrasi
ilustrasi

SEMARANG (MERAPI)- Sepak terjang dua pemuda yang melakukan serangkaian penipuan dengan sasaran mobil rental harus terhenti. Kedua pelaku SB (21), warga Tegalsari, Kecamatan Candisari dan SP (32), warga Gayamsari, Semarang diringkus setelah sedikitnya menipu 20 unit mobil. Namun, penyidik hingga Jumat (17/5) baru menyita delapan unit mobil dari berbagai merek sebagai barang bukti.

Kapolsek Genuk Kompol Zaenul Arifin mengatakan ulah kedua komplotan penipu itu cukup meresahkan para pengusaha rental mobil. Ulah mereka cukup lihai dan berbagai peran masing masing. SB bertugas menyewa mobil dan SP mempunyai tugas menjual atau menggadaikan mobil hasil kejahatan kepada orang lain.

Terungkapnya uleh mereka, menurut Kapolsek berawal dari laporan Mustaqim warga Bangetayu Wetan, yang merasa ditipu tersangka SP. Lekaki ini pada 24 April lalu datang ke rumah Mustaqum berlagak meminjam sejumlah uang dengan jaminan mobil Innova Rebon. Namun, selang empat hari kemudian, muncul orang mengaku pengusaha rental sebagai pemilik mobil tersebut. Pengusaha rental itu menunjukkan bukti buku pemilikan kendaraan (BPKB). Mustaqim membawa mobil bukan milknya khawatir berurusan dengan pihahk berwajib dengan terpaksa menyerahkan mobil itu. Mustaqim kemudian memberi tahu SP dan selanjutnya diganti dengan dua unit mobil lainnya.

Anehnya, tidak lama kemudian, SP kembali menukar mobil yang dijaminkan dengan mobil lainnya. Hingga puncaknya pada tanggal 11 Mei 2019 datang lagi mengusaha rental meminta mobil, Karena merasa ditipu, Mustaqim lalu datang ke Polsek Genuk untuk mengadu.

“Dari laporan itu langsung kami tindaklanjuti dan berhasil mengamankan tersangka di Jalan Arteri Soekarno-Hatta, Semarang”, jelas Kapolsek Genuk.

Tersangka SB mengaku ia bersama SP melancarkan aksi penipuan sejak Januari 2019. Ia mengaku sedikitnya telah menipu lebih dari 20 mobil. Rata-rata mobil digadaikan senilai Rp 30 juta sampai Rp 50 juta. Sebagian uang hasil menjual atau menggadaikan mobil dibagai dan sisanya untuk foya-foya, termasuk memboking PSK di kawasan wisata berhawa dingin Bandungan. Dengan dibekuknya, kedua penipu itu masih terus dikembangkan penyidik. (Sky)

Read previous post:
Syahrul Maghfirah

Oleh : Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M. Si. PADA bulan Ramadhan, doa dan permohonan pengampunan seorang muslim banyak dikabulkan

Close