Yuk, Hunting Kuliner Saat Mudik ke Sumedang

SUMEDANG (MERAPI) – Wisata kuliner di Kota Sumedang seakan tak pernah mati. Dari mulai kuliner kekinian sampai kuliner tradisional sama nikmatnya. Nah, yang ingin icip-icip Kuliner Sumedang, simak panduannya ya. Yang pasti kuliner Sumedang siap melengkapi #PesonaMudik2019.

“Kuliner merupakan bagian tak terpisahkan dari pariwisata. Apa lagi Sumedang. Dari ikon daerahnya saja sudah kuliner, yaitu tahu Sumedang. Jadi wajar jika Sumedang kaya dengan #PesonaKulinerLebaran2019,” kata Menpar Arief Yahya, Rabu (15/5/2019).

Berikut ini 10 Kuliner Sumedang yang dapat Anda cicipi.

  • Tahu Sumedang

Makanan khas Sumedang yang paling populer adalah tahu Sumedang. Berbahan dasar kacang kedelai yang dilumuri bumbu khusus. Gurih, renyah, sangat yummie.

Tahu Sumedang mempunyai cita rasa yang nikmat. Tekstur lembut dengan bagian dalam yang terasa sangat gurih. apalagi disantap saat masih panas, dengan irisan cabe rawit.

Harga jual tahu Sumedang pun sangat terjangkau. Tak sulit menemukannya, karena hampir disetiap penjuru Sumedang dapat ditemukan pedagang tahu Sumedang.

  • Soto Bongko

Untuk sarapan bisa, makan siang juga bisa. Tapi kebanyakan buat sarapan. Berbeda dengan jenis soto lainnya, Soto Bongko memiliki campuran lontong di dalamnya. Bongko itu artinya gumpalan besar. Lontong untuk soto ini dibuat dalam ukuran besar.

Soto bongko disajikan dengan campuran lontong, toge rebus, potongan tahu sumedang, dan bawang goreng. Semua isian soto ini disiram dengan kuah kari kental yang masih panas mengepul. Untuk menambah rasa, kecap manis pun ditambahkan dalam sajiannya.

Sebagai pelengkapnya, soto bongko disajikan dengan tambahan emping renyah dan sambal untuk sensasi rasa pedasnya.

  • Bugen Pizza

Pizza yang memiliki ciri khas, dibandingkan dengan jenis Pizza lain. Adonan Bugen Pizza beraroma wangi dan khas, bumbu Bugen yang istimewa. sehingga pizza yang benar-benar lezat dan berkualitas.

Daya tarik utama lainnya, penggunaan keju Mozarella yang sangat melimpah. Pizza menjadi semakin enak untuk disantap.

kini Bugen Pizza memantapkan diri sebagai Produsen Pizza terbaik di Kabupaten Sumedang. Dengan dibukanya cabang ke-3 tepat di jantung sumedang kota, pinggir jalan raya protokol sumedang (Jl. Prabu Geusan Ulun).

  • Bakso Solo Mas Gedong

Kenikmatan bakso solo tidak diragukan lagi. Bagi penggemar makanan berbentuk bulat ini, silakan coba Bakso Solo Mas Geong.

Penjual tersebut menciptakan bakso enak di Sumedang. Tidak hanya dikenal lezat, namun juga murah. Bagi Anda yang ingin mencobanya, Warung bakso ini terletak di pinggir jalan dekat SMK PP.

Walaupun namanya bakso Solo, tapi jangan berfikir berada di Solo. Sebab bakso ini dapat kamu temui di Sumedang. Ya, bakso memang selalu jadi favorit bagi pecinta kuliner.

  • Saung Teko

Rumah makan Saung Teko meramaikan dunia wisata kuliner, khususnya di wilayah Sumedang. Rumah makan yang beroperasi pada tahun 2013, menyajikan makanan dengan konsep berbeda.

Perpaduan antara budaya Sunda, modern, dan semi cafe. Berbagai jenis teko terpampang jelas di depan pintu masuk rumah makan. Sebagai tanda inilah rumah makan Saung Teko. Nama Saung Teko diambil dari salah satu perabotan dapur ini ,sama sekali bukan karena ikutan tren.

Walaupun cabang Rumah Makan Soto Bandung. Namun ramuan dan sajiannya berbeda. Diracik dengan bumbu khusus yang berbeda, menciptakan sensasi rasa yang unik dan sedap. Sehingga pengunjung yang datang , akan mendapatkan pengalaman wisata kuliner yang berbeda pula.

  • Oncom

Oncom berasal dari Jawa Barat. Produk fermentasi ini memakai beberapa jenis kacang, mirip pembuatan tempe. Bedanya pada oncom, olahannya dinyatakan siap, jika kacang sudah menghasilkan spora di permukaan.

Oncom dapat diolah menjadi berbagai macam masakan. Seperti, tutug oncom dan sambel oncom. Untuk rasa jangan ditanya. Anda bisa langsung mencobanya sendiri.

Oncom sudah sangat populer dan go internasional. Karena rasa oncom yang gurih dan lezat membuat penikmat ingin selalu makan.

  • Salak Bongkok

Nama salak Bongkok diambil dari nama Desa Bongkok, yang sejak dahulu menjadi penghasil salak. Bagi warga desa salak Bongkok menjadi komoditas andalan. Hampir semua warga mengandalkan untuk mata pencaharian.

Saat menyicipi salak Bongkok, diperoleh citarasa buah menyegarkan. Rasa manis berpadu sedikit masam.

  • Asinan Sukasari

Asinan Sukasari merupakan salah satu makanan khas Sumedang. Asinan ini terdiri dari dua jenis yaitu asinan buah dan sayur.

Asinan buah terdiri dari, potongan berbagai macam buah buahan direndam dalam air gula selama beberapa jam. Buah yang dipakai untuk diolah menjadi asinan ini biasanya buah kedondong, pepaya, jambu, bengkoang, salak, dan beberapa jenis buah lainnya.

Sementara, untuk asinan sayur memakai sayur berupa, timun, kol, wortel ataupun tauge yang dicuci bersih. Kemudian disajikan bersama dengan kuah asinan. Asinan sayur ini lebih terasa segar, dibandingkan dengan asinan buah.

Rasa asem dan manisnya lebih dominan ketimbang asinnya. Sangat cocok dimakan ketika siang hari yang panas. Anda wajib mencoba asinan ini ketika singgah di Sumedang.

  • Emlpod

Mungkin belum banyak orang yang mendengar makanan emplod. Emplod menggunakan bahas dasar singkong yang dihaluskan, kemudian dicampur dengan parutan kelapa. Emplod menjadi salah satu makanan khas di Sumedang yang sangat populer.

Emplod diolah dari singkong, garam dan minyak goreng. Singkong yang telah dikukus, dicampurkan dengan sedikit garam,dan dibentuk seperti belah ketupat atau sesuai keinginan Anda. Kemudian digoreng hingga kecoklatan. Siap disajikan selagi panas, untuk cemilan sore hari.

  • Bandrek

Bukan makanan saja yang terkenal, tetapi minuman di Sumedang juga sangat terkenal. Salah satu minuman yang populer di Sumedang adalah bandrek. Minuman tradisional yang mudah untuk ditemui di Sumedang.

Seiring perkembangan zaman. Minuman bandrek dimodifikasi menjadi bandrek yang lebih modern. Karena rasanya yang begitu unik, bandrek sudah merambah pasar internasional seperti Australia dan Eropa.(*)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
PERSIAPAN SEA GAMES 2019 – 8 Atlet DIY Dipanggil Pelatnas Voli Pantai

JAKARTA (MERAPI) - Kesempatan berharga dimiliki 8 atlet DIY yang dipanggil untuk program Pemusatan Latihan Nasionak (Pelatnas) tim voli pantai

Close