Kakek Penjual Miras Didenda Rp 2 Juta


Terdakwa Rujito saat mendengarkan pembacaan putusan dalam sidang tipiring di PN Bantul. (MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)
Terdakwa Rujito saat mendengarkan pembacaan putusan dalam sidang tipiring di PN Bantul. (MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)

BANTUL (MERAPI) – Kakek penjual miras di objek wisata Pantai Samas, Rujito (58) warga Ngepet RT 064 Srigading Sanden Bantul diganjar hukuman denda Rp 2 juta subsider 1 bulan kurungan dalam sidang tindak pidana ringan (tipiring) di Pengadilan Negeri (PN) Bantul, Kamis (16/5).

Hakim tunggal Sri Wijayanti Tanjung SH menyatakan terdakwa terbukti bersalah dan meyakinkan telah melanggar pasal 21 ayat 5 jo pasal 34 ayat 1 Perda No 2 Tahun 2012 tentang Pengawasan, Pengendalian dan Peredaran Minuman Berakohol di Kabupaten Bantul.

Atas hukuman yang dijatuhkan, terdakwa menyatakan menerima putusan. “Saya terima putusannya Bu hakim,” ujar Rujito di sela-sela pembacaan putusan.
Dalam amar putusan terungkap, terdakwa selama ini telah berjualan minuman beralkohol di sekitar Pantai Samas. Tetapi keberadaan minuman keras ternyata menimbulkan dampak negatif dengan banyaknya aksi kriminalitas.

Warga sekitar pun melaporkan perbuatan terdakwa ke pihak Satpol PP Bantul. Setelah itu petugas melakukan penyelidikan dan penggrebekan di tempat penyimpanan miras milik terdakwa di sekitar Pantai Samas.

Dari razia tersebut petugas menyita 5 botol anggur merah dan 5 botol bir Bintang. Saat ditanya terdakwa mengaku tidak memiliki izin usaha penjualan miras tersebut.

Untuk itu barang bukti disita petugas dan pelaku dilakukan pemeriksaan. Selanjutnya terdakwa berikut barang bukti diajukan ke sidang tipiring PN Bantul. (C-5)


Pin It on Pinterest

Read previous post:
PROSESI WAISAK – Perwakilan 11 Majelis Buddha Mengambil Air Suci Umbul Jumprit

TEMANGGUNG (MERAPI) - Pengambilan air suci Umbul Jumprit di Lereng Gunung Sindoro Kabupaten Temanggung untuk dijadikan sebagai air berkah Waisak

Close