Pemeliharaan Jalan Tak Selesai Lebaran


Mesin stoomwalls menggilas permukaan jalan yang sedang diperbaiki di ruas Wonorejo-Bejen. (MERAPI-Abdul Alim)
Ilustrasi

TEMANGUNG (MERAPI) – Pemeliharaan jalan raya provinsi di wilayah Kabupaten Temanggung diperkirakan baru akan selesai pada 31 Desember 2019 mendatang, meski begitu pada lebaran mendatang dipastikan dapat dilewati karena untuk sementara akan dihentikan pengerjaanya. “Pemeliharaan jalan akan dihentikan sebelum dan sesudah lebaran. Ini arahan dari pimpinan, maksudnya untuk warga tidak terganggu perjalanan,” kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jalan Kledung – Secang, Bina Marga Provinsi Jawa Tengah, Senin (13/5).

Dia mengatakan jalan provinsi yang dikerjakan sepanjang 35 kilometer, antara Kledung yang berbatasan dengan Wonosobo hingga Secang masuk wilayah Kabupaten Magelang. Pemeliharaan jalan itu meliputi antara lain penambalan, perbaikan dan pengaspalan jalan.

Pada titik tertentu, katanya ada jalan yang butuh penambalan, namun ada pula yang perbaikan bahu jalan. Di jalan Secang – Kranggan misalnya perlu pengaspalan karena ada jalan yang aspalnya retak, harapannya jika ada hujan bisa aman, juga untuk pengendara jalan. Di titik tertentu ada pula yang harus perbaikan gorong-gorong, dan jalan ambles.

Dia menyampaikan secara global untuk jalan raya antara Kecamatan Secang Kabupaten Magelang hingga Kecamatan Kranggan Kabupaten Temanggung sudah diaspal. Namun untuk pengaspalan jalan raya di daerah Kecamatan Kedu belum selesai, bahkan diperkirakan pada lebaran mendatang. “Tetapi jalan tetap bisa difungsikan untuk lebaran. Nanti sekitar H-10 dan H+10 Lebaran pengerjaan jalan dihentikan dahulu,” katanya.

Menurut dia kendala utama dalam pengerjaan proyek adalah tingginya curah hujan. Sehingga pekerja harus pandai-pandai mengatur waktu agar terhindar dari guyuran hujan. Tetapi perlu diakui hujan juga memudahkan dalam memonitor jalan, bila ada genangan akan segera ditangani dengan menyudetnya. “Kemarin sempat ada gorong-gorong dan selokan tertutup kayu, sehingga air ke jalanraya,” katanya, sembari mengatakan hujan membuat pertumbuhan rumput lebih cepat atau lebih subur. (Osy)

Read previous post:
Bulan Belajar Amanah…

Oleh : Ustadz H Iip Wijayanto AMANAH adalah satu kata yang banyak dibicarakan akhir-akhir ini. Dalam Pemilu lalu, untuk terpilih

Close