SURAT PINDAH TAK SESUAI PROSEDUR – Mutasi Petenis DIY, Aditya HS Bermasalah

YOGYA (MERAPI) – Salah satu atlet tenis lapangan DIY, Aditya Hari Sasongko memutuskan untuk pindah ke Bengkulu dalam menghadapi Pra-Pekan Olahraga Nasional (Pra-PON). Proses kepindahan petenis yang masuk jajaran atlet level 1 yang diproyeksinya meraih medali emas program Pemusatan Latihan Daerah (Puslatda) DIY tersebut, dianggap tak sesuai prosedur.

Menurut Ketua Umum KONI DIY, Djoko Pekik Irianto, proses kepindahan Adit masih menjadi polemik. “Benar dia pindah. Alasan kepindahannya juga masih belum diketahui. Penyebabnya dia pindah itu masih belum jelas,” tuturnya di Yogya, Senin (13/5).

Padahal prosedur perpindahan atlet antardaerah tak bisa dilakukan secara mendadak. Minimal dua tahun sebelum pelaksanaan PON. Jika PON diselenggarakan pada 2020, maka proses perpindahan atau mutasi dilakukan sejak tahun 2018. Untuk kasus mutasi Adit, karena PON digelar pada bulan Oktober 2020, maka proses perpindahan harusnya dilakukan pada Oktober 2018 lalu.

Dengan pegangan prosedur tersebut, Djoko Pekik berharap bahwa status Adit masih tetap milik DIY karena proses perpindahannya ke Bengkulu tak sesuai prosedur. “Ya kalau prinsip kami, Adit diharapkan masih membela DIY pada PON mendatang. Namun kalau memang yang bersangkutan ingin pindah, ya harus sesuai dengan prosedur,” ujarnya.

Ditambahkan Djoko Pekik bahwa pihaknya tak berniat menghalangi atlet DIY yang ingin berprestasi, baik di level nasional maupun internasional. “Jika memang ada atlet yang ingin mencari finansial dan kesejahteraan lebih baik, ya silakan dipikir secara matang terlebih dahulu sebelum memutuskan. Kalau memang mau pindah, ya ikuti jalur yang legal,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekum Pelti DIY, Hari Yuliarta mengaku jika pihaknya belum menerima surat kepindahan atlet atas nama Aditya Hari Sasongko. “Saya malah tidak tahu awalnya kalau Adit pindah. Tahunya ketika mau memasukkan daftar atlet Pra-PON dia tak mau dimasukkan dulu. Namun ketika dicek ternyata dia sudah masuk dari daerah lain. Kalau surat pindahnya belum sampai ke Pengda Pelti DIY,” akunya. (Oro)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
ilustrasi
Onar Jelang Sahur

BULAN Ramadan adalah bulan mulia. Artinya, pada bulan tersebut, segala aktivitas yang bermuatan maksiat harus hilang. Tapi kenyataannya, kejahatan atau

Close