PEROLEHAN SUARA DPRD DIY-PDIP Sabet 17 Kursi, PSI Raih 1 Kursi

YOGYA (MERAPI) – Dari 55 kursi DPRD DIY, PDIP dipastikan menempatkan 17 calon legislatifnya periode 2019-2024. Sementara itu partai debutan, PSI berhasil menempatkan satu wakilnya di kantor dewan di Jalan Malioboro tersebut.

Dari 17 caleg tersebut, PDIP di antaranya mengirimkan Imam Priyono, mantan Wakil Walikota Yogyakarta, dan sejumlah calon petahana seperti Eko Suwanto, Dwi Wahyu Budiyanto. Sementara itu Partai Gerindra mendapat jatah 7 kursi yang di antaranya diisi Sinarbiyat Nujanat, Yose Rizal dan Anton Prabu Semendawai.

Sedangkan PKB mendapat jatah 6 kursi yang di antaranya diisi Aslam Ridlo dan Syukron Arif Mutaqin yang berprofesi sebagai wartawan. Sementara PAN meraih 7 kursi yang di antaranya diisi Siti Nurjanah dan dua anak pendiri PAN, Amien Rais yakni Ahmad Baihaqy Rais dan Hanum Salsabila Rais.

Adapun PKS meraih 7 kursi, Partai Golkar 5 kursi, Partai Nasdem 3 kursi, Partai Demokrat dan PPP masing-masing 1 kursi. Adapun PSI, partai anyar berhasil mengirimkan satu wakilnya yakni Stevanus Christian Handoko.

Sementara itu, Ketua DPD PDI Perjuangan DIY Bambang Praswanto mengutarakan, PDI Perjuangan mendapatkan 78 kursi legislatif untuk DPRD DIY dan lima Kabupaten/Kota dalam pemilu 2019 dengan rincian DPRD DIY 17, DPRD Kabupaten Sleman 15, DPRD Kabupaten Bantul 11, DPRD Kabupaten Gunungkidul 10, DPRD Kota Yogyakarta 13 dan DPRD Kabupaten Kulonprogo 12. PDIP juga berhasil menempatkan dua calegnya untuk DPR RI.

“Artinya kami masih mendapat kepercayaan masyarakat DIY dan kami sampaikan terimakasih sebesar-besarnya. Kami akan ketat mengawal teman-teman di legislatif agar selalu pada rel yang seharusnya dan kinerja lebih baik,” ungkap Bambang, Senin (13/5), seperti dilansir krjogja.com.

Posisi keterwakilan di seluruh wilayah DIY menurut Bambang akan memudahkan pengawasan kebijakan apabila nantinya pasangan Jokowi-Maruf Amin meraih kemenangan berdasar hitungan resmi KPU RI.

“Kita all out mendukung keistimewaan untuk meningkatkan kesejahteraan. Kualitas masyarakat DIY ini bagus tapi angka kemiskinan menurut BPS juga buruk. Ini jadi arena koreksi bersama untuk menyentuh titik yang seharusnya dan akan lebih mudah apabila keterwakilan kita seperti saat ini,” sambungnya.

Secara khusus PDI Perjuangan DIY menyoroti beberapa hal untuk nantinya dikembangkan selama lima tahun ke depan. Program Nawacita II Jokowi menjadi pemicu untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera khususnya di wilayah DIY. (Fxh)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Kementan Rutin Beri Pelatihan Penggunaan Alsintan di Berbagai Daerah

JAKARTA (MERAPI)- Kementerian Pertanian (Kementan) menginginkan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) dimanfaatkan semaksimal mungkin. Bahkan, Kementan juga ingin Alsintan dikelola

Close