Imigrasi Buka Layanan e-Paspor

MERAPI-SAMENTO SIHONO Warga saat melakukan mengurus paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Yogyakarta.
MERAPI-SAMENTO SIHONO
Warga saat melakukan mengurus paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Yogyakarta.

DEPOK (MERAPI) – Kantor Pelayanan Imigrasi Kelas I Yogyakarta, akan membuka pelayanan paspor elektronik atau e-Paspor. Nantinya, paspor yang tertanam chip baru ini hanya bisa dipakai untuk bepergian ke Jepang. “Rencana ini baru akan diuji coba pekan depan sambil menunggu kesiapan sistem yang ada di Kantor Imigrasi Yogyakarta,” beber Kepala Kantor Imigrasi Yogyakarta, Sutrisno, Sabtu (11/5).

Menurutnya pelayanan permohonan e-Paspor dipergunakan untuk menjawab kebutuhan dari masyarakat yang ingin beralih dari paspor biasa ke e-Paspor. Tapi permohonan paspor biasa, Kantor Imigrasi tetap melayani. “Dari segi harga, tarif permohonan e-Paspor memang lebih bisa seharga Rp 650 ribu, sedangkan paspor biasa Rp 350 ribu,” tandasnya.

Sutrisno mrnambahkan, untuk penggunaannya e-Paspor juga baru bisa di negara Jepang saja. Sehingga baru negara baru Jepang yang bisa bebas visa. “Untuk negara lain nunggu MoU dengan pemerintah pusat,” katanya.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DIY Krismono menambahkan, adanya peningkatan pelayanan ini sebagai upaya mendorong terciptakan zona intergitas di kantor imigrasi Yogya menuju wilayah bebas korupsi. “Kantor Imigrasi Yogyakarta merupakan unit pelaksana teknis (UPT) Kanwil Kemenkumham DIY yang diusulkan untuk meraih predikat bebas korupsi,” katanya.

Menurut Krismono tim penilai internal pusat sendiri direncanakan akan melakukan penilaian minggu depan. Dimana hasilnya akan dibawa ke Jakarta, sebagai bahan memenuhi persyaratan menjadi WBK atau tidak.

Bagi yang memenuhi akan disampaikan langsung ke Kemenpan RB, sehingga nanti akan dinilai langsung tim independent Kemenpar RB. “Ada dua komponen dari tim penilai yaitu komponen hasil dan pengungkit,” pungkasnya. (Shn)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Aksi Ras Muhamad Tutup Festival Crossborder Skouw 2019

SKOUW (MERAPI)– Pecah! Itulah gambaran hari terakhir Festival Crossborder Skouw 2019, Sabtu (11/5/2019). Penyanyi reggae Ras Muhamad tampil sebagai bintangnya.

Close