KEABSAHAN ATLET PORDA DIY 2019 – Tak Lolos Verifikasi, Atlet Tak Bisa Diganti

YOGYA (MERAPI) – Munculnya protes dari sejumlah kontingen peserta Pekan Olahraga Daerah (Porda) XV-2019 DIY masih terus dicermati oleh penyelenggara, dalam hal ini KONI DIY. Jika nantinya atlet yang bermasalah dinyatakan tak lolos verifikasi karena tak memenuhi syarat keabsahan atlet, maka atlet tersebut tak bisa digantikan oleh atlet lain.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Panitia Porda DIY 2019, Rumpis Agus Sudarko di Yogya, Rabu (8/5). “Kalau memang atlet itu terbukti gagal lolos persyaratan administrasi, mereka tak bisa digantikan atlet lain,” tuturnya.

Menurut Rumpis, pergantian atlet hanya bisa dilakukan jika atlet yang sudah didaftarkan mengalami cedera. “Namun atlet cedera yang akan diganti ini pun harus menjalani pemeriksaan dari dokter KONI DIY, apakah memang perlu diganti atau tidak,” terangnya.

Lebih lanjut, Rumpis menyampaikan bahwa pihaknya masih melakukan pencermatan terkait data atlet yang sudah didaftarkan oleh para kontingen. “Sebagian besar yang dipermasalahkan adalah data yang berbeda di KTP dan KK. Jadi ada perbedaan tanggal ketika data di KTP dan KK sang atlet sebagai warga kabupaten atau kota yang dibelanya sehingga membuat daerah lain curiga. Bagi kami, selama itu sesuai persyaratan, ya tidak masalah sebenarnya,” lanjutnya.

Untuk mengatasi permasalahan data tersebut, Rumpis juga bakal membahasnya dalam forum yang melibatkan KONI kabupaten dan kota pada 18 Mei mendatang. “Kami memberikan kesempatan pada 9-10 Mei ini agar kontingen melengkapi persyaratan soal data atlet, meliputi KTP, KK, KIA hingga akta kelahiran dari atlet yang yang didaftarkan,” ungkapnya. (Oro)

Read previous post:
KOTA YOGYA KIRIM 795 ATLET – Jumlah Atlet Banyak Tak Jamin Juara

YOGYA (MERAPI) - Kontingen Kota Yogya meyakini bahwa dengan mengirimkan atlet dalam jumlah yang banyak, tak menjamin kontingen tersebut bakal

Close