TARGET TAHUN 2022 JANGKAU SELURUH DESA – 54 Desa di Gunungkidul Tanggap Bencana

WONOSARI (MERAPI) – Sebanyak 54 desa di Kabupaten Gunungkidul resmi dijadikan Desa Tanggap Bencana (Destana) dan menjadi daerah rawan bencana terutama di desa pesisir Selatan, sepanjang bantaran Sungai Oya dan daerah rawan longsor. Program BPBD DIY tahun ini, destana lebih menyasar ke pesisir pantai karena sedang booming pariwisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan.

“Kami berharap masyarakat siaga dan tanggap bahwa di wilayah pantai membentang dari rawan akan bencana alam,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Gunungkidul, Edy Basuki MSi, Selasa (7/5).

Kerawanan bencana kawasan pesisir memang tidak hanya satu termasuk kemungkinan jika terjadi gempa yang besar, masyarakat harus lebih tanggap untuk menyelamatkan diri dan bisa melakukan evakuasi secara mandiri. Selain di pesisir Pantai Selatan, pihaknya juga memfokuskan pembentukan destana di sepanjang bantaran Sungai Oya. Pada musim penghujan saat intensitas curah hujannya tinggi sungai Oya sering kali mengalami banjir dan berdampak terhadap terjadinya kerusakan baik menyangkut sarana permukiman maupun fasilitas masyarakat dan tanaman pangan.

Dari sebanyak 54 destana yang ada, pemerintah desa dan tokoh masyarakat sudah cakap dalam menghadapi terjadinya bencana. Sehingga, dengan rangkaian pelatihan yang sudah dilaksanakan ke seluruh destana diharapkan akan meminimalisir jumlah korban manakala bencana terjadi.“Destana akan kami jadikan komponen penanggulangan bencana yang akan terus ditingkatkan dalam mengantisipasi bencana,” imbuhnya.

Sebagaimana direncanakan, dalam tiga tahun ke depan, yakni di tahun 2022 mendatang, sebanyak 144 desa yang ada di Kabupaten Gunungkidul akan dijadikan destana. Harapannya dengan adanya destana, antardesa bisa tukar menukar informasi apabila suatu saat terjadi bencana alam. “Sehingga setiap kejadian-kejadian di Kabupaten Gunungkidul yang berdampak terjadinya kerusakan akibat terdampak bencana alam bisa segera teratasi,” terangnya. (Pur)

Read previous post:
Maju Tes Wawancara, 15 ASN Peserta Lelang Jabatan Eselon II Lolos Seleksi

SUKOHARJO (MERAPI) - Sebanyak 15 dari total 18 orang aparatur sipil negara (ASN) peserta seleksi pejabat eselon II Pemkab Sukoharjo

Close