PASAR LEBARAN 2019: Peluang Pasarkan Produk UMKM Sleman


MERAPI-AWAN TURSENO Pustopo (kanan) didampingi Endah Widiastuti menjelaskan terkait agenda Pasar Labaran 2019.
MERAPI-AWAN TURSENO
Pustopo (kanan) didampingi Endah Widiastuti menjelaskan terkait agenda Pasar Labaran 2019.

SLEMAN (MERAPI) – Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Koperasi dan UKM kembali akan menggelar Pasar Lebaran 2019. Agenda tersebut dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat dalam menghadapi bulan Ramadan dan perayaan Idul Fitri 1440 H.
Kepala Dinas Koperasi dan UKM (Diskop UKM) Sleman, Pustopo menyampaikan, Pasar Lebaran merupakan agenda rutin tahunan Pemkab Sleman yang dilaksanakan setiap bulan Ramadan. Hanya saja untuk tahun 2019 penyelenggaraan Pasar Lebaran diserahkan kepada Diskop UKM. Sedang pada tahun sebelumnya dilaksanakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman.

“Untuk tahun 2019, Pasar Lebaran akan kita gelar selama enam hari. Yaitu mulai Selasa-Minggu, 14-19 Mei pukul 09.00-18.00 WIB, di Jalan Candi Sari, sisi selatan Lapangan Pemda Sleman,” kata Pustopo kepada wartawan di Kantor Humas dan Protokoler Setda Sleman, Selasa (7/5).

Menurut Pustopo, merayakan Idul Fitri merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh umat Muslim. Namun disatu sisi hari raya tersebut memerlukan pemenuhan kebutuhan produk konsumsi dengan harga yang terjangkau. Kondisi ini membuka peluang pasar bagi produk usaha keci dan menengah.

“Pasar Lebaran menjadi salah satu alternatif untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Terlebih di wilayah Kabupaten Sleman terdapat ribuan UMKM yang memiliki produk yang sangat variatif,” imbuhnya.

Untuk itu, Pasar Lebaran akan diisi sebanyak 75 stant UMKM dari 17 kecamatan dengan menawarkan berbagai produk yang menjadi kebutuhan masyarakat. Diantaranya olahan makanan, kerajinan, produk fashion dan pendukungnya, hasil pertanian, tanaman hias serta produk lain yang memiliki kualitas baik.

Sekretaris DinkopUKM Sleman, Endah Widiastuti menambahkan, selain pasar murah juga dilaksanakan pembagian sembako murah. Terdapat dua jenis sembako yang akan dibagikan selama 6 hari pelaksanaan Pasar Lebaran tersebut. Yakni sembako murah untuk masyarakat umum dan paket sembako murah untuk KK miskin.

Menurut Endah, sembako tersebut merupakan sumbangan dari sejumlah koperasi yang ada di sekitar Kompleks Pemkab Sleman. Salah satu jenis sembako yang akan dibagikan adalah gula pasir sebanyak 1 ton untuk 6 hari.
“Nanti ada pula Pojok Konsultasi UKM. Sebab sebagian besar stant Pasar Lebaran diisi oleh pelaku UKM di Sleman. Berbagai lomba juga diadakan sebagai acara hiburan,” jelas Endah. (Awn)

Read previous post:
Komunitas Cinta Karanganyar (Cinka), Memburu Destinasi Butuh Promosi

BERBURU obyek wisata anyar di Karanganyar merupakan tujuan didirikannya komunitas Cinta Karanganyar atau Cinka. Berbekal kekuatan di media sosial, para

Close