Rekapitulasi 7 TPS di Depok Ditarget Selesai Hari Ini

MERAPI-ATIEK WIDYASTUTI H Proses rekapitulasi Pemilu 2019 tingkat kabupaten.
MERAPI-ATIEK WIDYASTUTI H
Proses rekapitulasi Pemilu 2019 tingkat kabupaten.

SLEMAN (MERAPI) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman memulai rekapitulasi hasil penghitungan dan perolehan suara Pemilu 2019, Kamis (2/5). Bertempat di aula Bappeda Sleman, rekapitulasi ditargetkan selesai Sabtu (4/5). Rekapitulasi dimulai dari Dapil I Kecamatan Sleman, Tempel, Turi dan Tempel. Ditargetkan dalam satu hari bisa menyelesaikan 6-8 kecamatan.

Meskipun rekapitulasi tingkat kabupaten sudah dimulai, ternyata KPU masih menyisahkan rekapitulasi di tingkat kecamatan. Setidaknya ada tujuh TPS di Desa Caturtunggal Kecamatan Depok yang belum menyelesaikan rekapitulasi. KPU Sleman mentargetkan, rekapitulasi akan selesai Jumat (3/5) hari ini.

Untuk Kecamatan Depok dijelaskan Ketua KPU Sleman Trapsi Haryadi memang memiliki karakter yang berbeda. Selain jumlah TPSnya yang mencapai 404, juga adanya kendala dalam proses pemilihan kemarin. Mulai ada Pemilihan Suara Ulang (PSU) dan Pemilihan Suara Lanjutan (PSL).

“Kita harap semuanya dapat memaklumi kondisi di Kecamatan Depok. Karena memang beban kerja dari PPK tidak dapat disamakan dengan kecamatan yang lain. Namun, kita optimis untuk rekapitulasi di Kecamatan Depok akan selesai besok (hari ini, red),” ujarnya.

Dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sleman membenarkan masih adanya kecamatan yang belum menyelesaikan rekapitulasinya, yakni Kalasan dan Depok. Pasalnya di dua kecamatan tersebut menyisakan kendala berupa ketikdasesuaian suara antara peserta Pemilu dengan daftar pemilih. Hingga kini dari Bawaslu masih terus melakukan pencermatan di lapangan.

“Kami masih dalam proses investigasi di lapangan sambil terus berkoordinasi dengan Bawaslu DIY. Untuk itu kami juga meminta kepada KPU Sleman agar proses rekapitulasi tingkat kabupaten ini kecamatan yang belum menyelesaikan rekapitulasinya dapat diberi jadwal akhir,” ujarnya. (Awh)

Read previous post:
AACSB Akui Kualitas dan Keunggulan FEB UGM

LEMBAGA akreditasi internasional untuk sekolah bisnis yang paling disegani di dunia, The Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB)

Close