Pangan Lokal Jangan Sampai Terlupakan

Dekan FTP UGM Eni Harmayani (tengah) dan CEO FOI Hendro Utomo meneken kerja sama di sela Dies Natalis FTP UGM ke-56.

YOGYA (MERAPI) – Meski jumlahnya melimpah, konsumsi bahan pangan lokal masih rendah. Masyarakat cenderung memilih produk instan karena olahannya menarik dan mudah dijumpai di pasar modern.

“Padahal Indonesia memiliki keanekaragaman pangan lokal yang kaya sumber protein, karbohidrat, serat, mineral dan lainnya, namun masih terlupakan,” kata Dekan Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Gadjah Mada, Prof Dr Ir Eni Harmayani MSc di sela pembukaan rangkaian acara Dies Natalis ke-56 FTP UGM di Yogya, Jumat (26/4).

Maya, begitu Eni Harmayani akrab disapa menambahkan, pangan lokal memiliki nilai gizi yang baik. Hanya saja, olahan pangan lokal belum dikembangkan secara optimal. Pengolahan pangan lokal yang baik, selain lebih sehat dan memenuhi unsur higienitas, dapat menjadi sumber pendapatan tambahan bagi masyarakat.

“Tentu saja perlu ada pendampingan dan kerja sama banyak pihak, karena jika mengandalkan pemerintah saja, tidak akan mampu. Edukasi serta sosialisasi pengembangan pangan lokal ini perlu digalakkan untuk mewujudkan kedaulatan pangan,” ujarnya.

CEO Foodbank of Indonesia (FOI), Hendro Utomo menyampaikan, akses pangan yang layak bagi anak-anak dan lansia di Indonesia masih kurang. Menurutnya, satu dari tiga anak masih menderita gizi buruk yang menyebabkan stunting sejak dalam kandungan.

“Kami rutin memberikan akses pangan kepada 12.000 anak agar jangan sampai mereka kelaparan dan telantar. Masih banyak anak-anak dan lansia yang membutuhkan akses pangan yang layak,” ujar Hendro.

Pihaknya juga memberi pendampingan kepada masyarakat di Desa Pucungsari Magelang untuk mengolah bahan pangan lokal seperti cabai dan susu sapi dengan baik. Saat harga cabai anjlok, cabai dapat diolah menjadi produk lain bernilai tambah. Demikian pula susu dapat dijadikan produk olahan lain seperti keju.

“Masyarakat terus diajak menggalakkan kearifan lokal dengan menonsumsi dan rajin mengolah pangan lokal,” ujarnya. (Tri)

Read previous post:
Suzuki Kenalkan Pick Up Generasi Terbaru

PT SUZUKI Indomobil Sales (SIS) meluncurkan world premiere Suzuki New Carry Pick Up, yang merupakan generasi terbaru raja pick up,

Close