Warga Antusias Ikut Coblosan Ulang

MERAPI-ATIEK WIDYASTUTI Proses pemilihan ulang di TPS 52 Caturtunggal Depok Sleman.
MERAPI-ATIEK WIDYASTUTI Proses pemilihan ulang di TPS 52 Caturtunggal Depok Sleman.

SLEMAN (MERAPI) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman melakukan Pemilihan Suara Ulang (PSU) di TPS 52 Caturharjo Depok dan TPS 3 Argomulyo Cangkringan, Sleman, Rabu (24/4). Meski coblosan ulang, namun banyak warga yang antusias mengikutinya.
PSU dilaksanakan setelah mendapatkan rekomendasi dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sleman.
Untuk di Di TPS 52 Caturtunggal, PSU dilakukan karena saat pemilihan 17 April kemarin, ada 22 pemilih yang tidak termasuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Tetap tambahan (DPTb) maupun Daftar Pemilih Khusus (DPK). Saat memilih mereka hanya membawa KTP Elektronik saja.

“Untuk itu, dalam PSU ini hanya untuk surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden saja. Karena saat Pemilu 17 April kemarin, mereka juga hanya nyoblos surat suara presiden dan wakil presiden,” kata Komisioner KPU Sleman Divisi Perencanaan, Data dan Informasi Indah Sri Wulandari.
Di TPS 52, jumlah pemilih yang masuk dalam DPT ada 263 nama, sepuluh nama di Daftar Pemilih Khusus dan lima dalam DPTb. Ketika Pemilu 17 April kemarin, ada 229 DPT yang menggunakan hak pilihnya. Ada sisa 34 surat suara digunakan untuk DPTb dan DPK.

KPU optimis, tingkat partisipasi masyarakat saat PSU ini tidak akan ada banyak perubahan. Pasalnya, dari KPU juga sudah mengeluarkan surat izin bagi pelajar atau pekerja yang ingin menggunakan hak suaranya dalam PSU. “Sejak pagi, sudah ramai. Bahkan ada anak sekolah yang memilih nyoblos terlebih dahulu baru masuk sekolah,” kata Indah.
Sedangkan untuk PSL, rencananya akan berlangsung tanggal 26 April 2019. Hanya saja untuk mekanismenya bagaimana, masih dalam proses koordinasi. Mengingat dari KPU juga ada kesulitan ketika harus mengirimkan undangan atau C6 kepada calon pemilih yang didominasi adalah pemegang A5. (Awh)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
PORDA XV-2019 DIY – KONI DIY Perpanjang ‘Entry by Name’

YOGYA (MERAPI) - KONI DIY memberi tenggat waktu lebih lama kepada kontingen peserta Pekan Olahraga Daerah (Porda) XV-2019 DIY untuk

Close