MERIAHKAN WISUDA SARJANA-PASCASARJANA-Rektor UMBY Lantunkan Lagu ‘Bunda’

Rektor UMBY saat melantunkan lagu Bunda di sela-sela acara wisuda. (MERAPI-SULISTYANTO)

SUASANA wisuda mahasiswa kian terkesan ketika ada selingan lagu-lagu. Seperti halnya saat Wisuda Sarjana XL dan Pascasarjana XV Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) di Jogja Expo Center, Selasa (23/4), UKM paduan suara kampus setempat melantunkan beberapa lagu nasional serta daerah.

Acara wisuda kian tampil beda, pada kesempatan tersebut Rektor UMBY Dr Alimatus Sahrah MSi MM juga melantunkan lagu milik Melly Goeslaw berjudul Bunda. Sembari melantunkan lagu, Rektor UMBY ini berjalan membawa karangan bunga untuk diserahkan ke salah satu perwakilan wisudawan. Selanjutnya karangan bunga dibawa perwakilan wisudawan untuk diserahkan ibunya yang duduk di panggung.

Saat sambutan pada awal acara, Dr Alimatus Sahrah menjelaskan, periode April 2019, UMBY mewisuda lulusannya sebanyak 554 orang sarjana strata satu (program Sarjana) serta 24 orang pascasarjana strata dua (program Pascasarjana). Dengan kelulusan saat ini, maka UMBY sejak tahun berdirinya sebagai Universitas Wangsa Manggala telah mampu mempersembahkan kepada bangsa Indonesia, yakni sebanyak 13.650 orang Sarjana dan 271 orang Pascasarjana.

“Lulusan ini merupakan salah satu perwujudan bentuk tanggungjawab UMBY sesuai dengan motto Angudi Mulyaning Bangsa kepada bangsa dan negara Indonesia,” tuturnya.

Ditambahkan dari seluruh wisudawan-wisudawati periode ini 58 persen lulus tepat waktu, yaitu 3,5 hingga empat tahun. Rata-rata IPK di atas 3.00 sebanyak 90 persen. Bahkan membanggakan lagi ada 33 persen atau 196 lulusan berpredikat cumlaude. Jumlah wisudawan yang cumlaude dari Fakultas Agroindustri Jurusan Agroteknologi sebanyak 3 orang, Jurusan Peternakan 4 orang dan Jurusan Teknologi Hasil Pertanian 9 orang. Masih ada lagi dari Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen 96 orang, Jurusan Akuntansi 34 orang, Fakultas Psikologi Jurusan S1 Psikologi 36 orang, Fakultas Teknologi Informasi Jurusan Teknik Informatika 7 orang, Jurusan Sistem Informasi 1 orang dan Fakultas Ilmu Komunikasi dan Multimedia Jurusan Ilmu Komunikasi 5 orang.

“Adapun mahasiswa yang memperoleh apresiasi khusus tingkat universitas yaitu Reynold Ari Renaldo Ticoalu kategori penghargaan lulusan terbaik dengan IPK tertinggi (Strata 1) 3,93 Program Studi Akuntansi. Kategori penghargaan lulusan termuda, Oktria Larasati usia 21 tahun 6 bulan dari program Akuntansi, dan penghargaan lulusan terbaik program Magister Psikologi diraih Raden Sugeng Riyadi dengan IPK tertinggi 3,76,” paparnya.

Sedangkan Wakil Ketua Pengurus Yayasan Wangsa Manggala R Aryo Winoto SPd pada kesempatan tersebut berpesan kepada para wisudawan untuk selalu mengembangkan kompetensi softskill antara lain disiplin, jujur, bertanggungjawab dan semangat bekerjsama dalam kebaikkan. Diharapkan juga, janganlah sampai lulusan UMBY menjadi penonton di negeri kita sendiri.

“Kita harus menjadi pemain di negeri sendiri, harus menguasai kompetensi sebagai sarjana dan program sarjana, sesuai dengan ketentuan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), soft skill dan bahasa asing,” tambahnya.

Usai acara wisuda, sebagian hadirin termasuk personel UKM Paduan Suara UMBY masih terkesan dengan lagu berjudul Bunda. Sehingga wajar ada yang melantunkan penggalan liriknya, sebagau berikut: Pikirku pun melayang/ Dahulu penuh kasih/ Teringat semua cerita orang/Tentang riwayatku/ Kata mereka diriku selalu dimanja/ Kata mereka diriku selalu ditimang….. (Yan)

Read previous post:
Mayat Pria Ditemukan di Sungai Progo

SENTOLO (MERAPI) - Warga Dusun Dlaban Sentolo Kulonprogo dibuat geger dengan penemuan mayat di Sungai Progo wilayah setempat, Rabu (24/4).

Close