Anggota KPU Siap Patungan Santuni Petugas KPPS Meninggal

WONOSARI (MERAPI)- Kejadian petugas KPPS yang meninggal usai bertugas juga terjadi di Gunungkidul. Sebelum ada mekanisme pemberian santunan kepada petugas yang tewas, petugas KPU Gunungkidul menyatakan siap patungan.
Selain meninggal dunia, di Gunungkidul juga ditemukan dua orang lainnya harus dirawat di rumah sakit diduga karena kelelahan.
“Korban yang meninggal saat menjalankan tugas tersebut bernama Gunawan (50), warga Dusun Sambirejo Kecamatan Semanu. Tugasnya sebagai Petugas KPPS di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 04 desa setempat,” kata Ketua KPU Gunungkidul Ahmadi Ruslan Hani MPd, Selasa (23/4).
Dijelaskan, saat itu Gunawan tengah mempersiapkan TPS sehari sebelum pemungutan suara pada Selasa (16/4). Setelah melakukan persiapan bersama anggota lainnya, korban beristirahat. Saat itulah dia ditemukan meninggal dunia tepat pada hari pencoblosan, Rabu (17/4). Berdasarkan diagnosa dokter, korban meninggal karena menderita sakit jantung dan diduga karena kelelahan.

Selain itu, kata Ahmadi, terdapat dua orang KPPS yang mendadak sakit saat menjalankan tugas dan harus dirawat di rumah sakit karena kelelahan. Kedua petugas KPPS ini bertugas di salah satu TPS di Kecamatan Ponjong dan Kecamatan Nglipar. “Terdapat dua petugas KPPS mendadak sakit saat menjalankan tugas,” imbuhnya.
Jumlah TPS di Kabupaten Gunungkidul pada pemilu 2019 ini sebanyak 2.718 lokasi tersebar di 144 desa. Setiap TPS dijaga 7 KPPS dan 2 linmas. Terkait adanya petugas yang meninggal dan sakit ini pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan KPU RI terkait pemberian santunan kepada petugas yang gugur dan sakit saat menjalankan tugas.

Jika nantinya tidak ada anggaran untuk membantu, anggota KPU Gunungkidul siap sekalipun harus iuran untuk memberi santunan. Sementara proses penghitungan suara di tingkat Kecamatan saat ini terpaksa harus kerja lembur. Pihaknya mengimbau kepada petugas untuk beristirahat maksimal pukul 23.00 WIB. Harapannya, para petugas bisa beristirahat dan paginya bisa bekerja kembali. “Sudah kami berikan imbauan agar maksimal bekerja pukul 23.00 WIB,” ucapnya.(Pur)

Read previous post:
ilustrasi
MALING SEORANG DIRI BOBOL KONTER HP-Naik Atap, Jebol Eternit, Gondhol HP

YOGYA (MERAPI)- Tim Resmob Polresta Yogya meringkus pembobol sebuah konter HP di Jalan MT Haryono Yogya, Senin (22/4). Pelaku yakni

Close