Syukuran Pemilu Sukses, Seniman Gelar Prosesi Umbul Donga

Tari umbul donga di padepokan Lemah Putih, Gondangrejo. (Foto: Abdul Alim)
Tari umbul donga di padepokan Lemah Putih, Gondangrejo. (Foto: Abdul Alim)

KARANGANYAR (MERAPI) – Para seniman asal eks karesidenan Surakarta menggelar karya tari ekspresif bertajuk ‘Umbul Donga Satria Jumeneng Praja’ di Taman Hutan Lemah Putih di Desa Plesungan, Gondangrejo, Minggu (21/4). Pesan bagi pemimpin agar amanah dan memberi selamat memenangkan pemilu, disiratkan dalam gerakan para seniman.

“Umbul donga itu digelar sebagai ungkapan syukur atas terlaksananya pemilu. Berharap setelah ini tetap damai dan menyatukan lagi kubu yang dulunya berbeda haluan. Kita NKRI, saatnya membangun untuk Indonesia lebih baik,” kata Ketua Steering Committee Prasojo Hengky Herendra Dewantoro kepada wartawan di Plesungan.

Tak kurang 80-an pekerja seni di Solo Raya, hadir di event syukuran tersebut. Selama 30-an menit, mereka mengikuti prosesi umbul donga, melalui sajian gerak tubuh oleh enam penari di venue tari Taman Hutan Lemah Putih. Seorang penari pria bersurban menyalakan asap berwarna merah dan biru sambil meliukkan tangan dan tubuh seakan berdoa. Sedangkan penari wanita melanjutkannya dengan melantunkan kidung dalam tempo lambat dan khusyuk. Para penonton yang mayoritas anggota Prasojo, tampak terkesima menyaksikan pertunjukan itu.

Dikatakannya, kelompoknya bernaung di relawan Prasojo atau Pekerja Seni Soeka Jokowi. Usai prosesi, mereka memanjatkan doa untuk Jokowi-Ma’ruf Amin agar benar-benar mengemban amanah memimpin Indonesia pada periode 2019-2024. Mereka meyakini pasangan tersebut memenangkan pilpres.

“Tapi kami tetap menghormati kerja Komisi Pemilihan Umum (KPU), dengan menunggu hasil rekapitulasi resmi dari lembaga penyelenggara pemilu tersebut,” katanya.

Dia menambahkan, setelah kegiatan tersebut, ke depan masih akan ada kegiatan-kegiatan serupa yang digelar Prasojo, sebagai bentuk dukungan doa terhadap paslon 01. (Lim)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
PANTAUAN UJIAN SD DAN SMP DI SLEMAN: Seluruh Siswa Bisa Ikut Ujian Nasional

GAMPING (MERAPI) - Sebanyak 15.771 siswa SD/MI mengikuti Ujian Sekolah Bersandar Nasional (USBN) sedangkan jenjang SMP/MTs, 15.001 siswa ikut Ujian

Close