Kapolda Jamin Keamanan Proses Penghitungan Suara Pemilu

Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Condro Kirono meninjau penyimpanan kotak surat suara di PPK Tasikmadu. (Foto:Abdul Alim)
Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Condro Kirono meninjau penyimpanan kotak surat suara di PPK Tasikmadu. (Foto:Abdul Alim)

KARANGANYAR (MERAPI) – Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Condro Kirono menjamin keamanan saat rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Seluruh logistik dijaga keutuhan dan keamanannya oleh polisi.

“Saat ini mulai penghitungan di tingkat kecamatan maka pengamanan juga dikosentrasikan ke PPK. Pengamanan itu bukan hanya surat suara tapi juga personel PPK agar tidak ada intimidasi dan lain sebagainya,” papar Irjen Pol Condro Kirono di sela-sela mengecek PPK Tasikmad, Sabtu (20/4) sore.

Menurut Kapolda, antisipasi pengamanan sudah dilakukan sejak di tingkat KPPS, PPS dan PPK. Adapun pengamanan itu terkonsentrasi pada kotak berisi surat suara dan hasil rekapitulasi di tingkat KPPS atau formulir C1
“Pengamanan tidak hanya kami lakukan terhadap kotak surat suara. Perangkat lain juga kita amankan, seperti PPK. Jangan sampai mereka diancam dan intimidasi. Dan penjagaan akan kita lakukan selama 24 jam, karena semua harus bertanggung jawab, untuk mengamankan,” tegas Kapolda.

Kapolda Jateng didampingi Bupati Karanganyar, Juliyatmono, wakil Bupati Rober Cristanto, Kapolres AKBP Catur Gatot Efendy, Dandim 0727 Letkol Andi Amin Latama. Dia juga sempat mengobrol dengan petugas keamanaan tentang situasi di lokasi penyimpanan logistik. Kemudian ia beralih ke petugas PPK dan panwascam setempat.

Ditambahkan Kapolda, untuk tingkat Jawa Tengah, rekapitulasi penghitungan surat suara, sudah dimulai sejak Jumat (19/4). “Proses rekapitulasi masih terus berlangsung di seluruh wilayah Jawa Tengah,” katanya.

Sebelumnya, Kapolda juga melakukan pengecekan pengamanan paska pemungutan suara di wilayah Solo Raya. Pemantauan pengamanan yang dilakukan bersama Pangdan IV/Diponegoro tersebut, Kapolda menegaskan, masih menetapkan status siaga satu untuk wilayah Jawa Tengah.

Ketua PPK Tasikmadu, Joko Prasetyo mengatakan rekapitulasi Pilpres dilakukan awal. Baru kemudian DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan terakhir DPRD Kabupaten. “Dilaksanakan tiga panel untuk tiga desa sampai selesai. DPT di Tasikmadu 38.612 pemilih. Kami koordinasi PPS dan PPK,” katanya. (Lim)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
HARI INI UNBK SMP: 9 Sekolah di Sleman Gabung dan Numpang

SLEMAN (MERAPI) - Enam SMP akan menggabung dalam Ujian Nasional (UN), Senin (22/4) hari ini. Enam SMP yang lain akan

Close