9 Anggota Polisi Gugur Saat Amankan Pemilu 2019

JAKARTA (MERAPI)-Dirbinpotmas Korbinmas Baharkam Polri Brigjen Pol Syaiful Zachri meninggal dunia saat bertugas mengamankan pemilu 2019 di wilayah Nusa Tenggara Timur, Jumat (19/4). Selama pemilu 2019, Polri mencatat sudah ada 9 anggota yang gugur dalam tugas mengamankan pesta demokrasi ini.
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo kepada wartawan kemarin mengatakan, Brigjen Pol Syaiful Zachri meninggal disebabkan serangan jantung.
“Beliau gugur dalam tugas saat melaksanakan pengamanan wilayah untuk mengecek TPS. Meninggal karena serangan jantung,” kata Brigjen Dedi seperti dilansir Antara.

Ia mengatakan awalnya Syaiful bersama rombongan berangkat dari Pelabuhan Pelni Labuan Bajo pada Jumat pukul 06.30 WITA menuju Pulau Rinca. Sesampainya di Pulau Rinca pada pukul 08.00 WITA, Syaiful melakukan trekking.
Pukul 10.00 WITA, rombongan kembali ke Labuan Bajo. Pukul 10.30 WITA, Syaiful dan rombongan menuju Pulau Kelor. “Rombongan mendaki menuju puncak bukit di Pulau Kelor,” katanya. Dalam perjalanan tersebut, Syaiful mengeluhkan sesak nafas dan pusing, diduga karena kelelahan.
Kemudian Syaiful dilarikan ke RS Siloam Labuan Bajo. Tetapi malang, nyawa Syaiful tidak dapat diselamatkan dan dinyatakan meninggal dunia pada pukul 11.40 WITA.

Selanjutnya jenazah almarhum diterbangkan dari Bandara Komodo, Labuan Bajo menuju Bandara Soekarno Hatta, Jakarta pada pukul 14.00 WITA.
Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, sejauh ini setidaknya ada sembilan anggota Polri yang meninggal dunia saat melaksanakan tugas pengamanan Pemilu 2019.
“Ada sembilan orang anggota Polri yang meninggal dunia saat tugas pengamanan TPS dan pasca penghitungan suara,” katanya.
Para polisi yang gugur itu antara lain, Aiptu M. Saepudin, Bhabinkamtibmas Cilengkrang, Polsek Cileunyi, gugur karena kelelahan setelah mengawal distribusi kotak suara. Kemudian Aiptu M Supri, anggota Polresta Sidoarjo, gugur saat melaksanakan pengamanan di TPS 21 di Desa Bareng Krajan, Kecamatan Krian, Sidoarjo, Jawa Timur, AKP Suratno, Panit Subdit II Ekonomi Ditintelkam Polda Kaltim, gugur karena sakit, Brigadir Prima Leion Nurman Sasono, anggota Polsek Cerme Polres Bondowoso, gugur karena mengalami kecelakaan menuju TPS.

Kemudian Bripka Ichwanul Muslimin, anggota Polres Lombok Tengah Polda NTB, gugur karena kecelakaan ketika menuju salah satu polsek untuk apel kesiapan pengamanan TPS, Aipda Stef Pekualu, anggota Polres Kupang NTT, gugur saat tugas pengamanan Pemilu 2019, serta Brigadir Arif Mustaqim, anggota Brimob Cikarang Polda Metro Jaya, gugur saat pengamanan Pemilu 2019. Selain itu ada Brigadir Slamet Dardiri, anggota Polsek Tosari Polres Pasuruan, gugur dalam kecelakaan saat pengamanan Pemilu 2019 dan yang terakhir Brigjen Syaiful Zachri, Dirbinpotmas Korbinmas Baharkam Polri, gugur akibat serangan jantung dalam tugas pasca Pemilu di Labuan Bajo, NTT. (*)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Sambut FTT 2019, Sejumlah Pelancong Datang Lebih Awal

SULTENG (MERAPI)- Gaung Festival Teluk Tomini 2019 sudah terdengar sejak jauh hari. Bukan hanya di kalangan masyarakat setempat, tetapi sampai

Close