POLISI APEL PENGAMANAN PEMILU-Siap Fisik-Mental, Siagakan Senjata Api

MERAPI-SAMENTO SIHONO AKBP Rizky Ferdiansyah saat melakukan cek kesiapan anggota pengamanan Pemilu 2019.
MERAPI-SAMENTO SIHONO AKBP Rizky Ferdiansyah saat melakukan cek kesiapan anggota pengamanan Pemilu 2019.

SLEMAN (MERAPI)- Petugas Polres Sleman menyiagakan personel untuk mengamankan jalannya pencoblosan. Untuk itu, polisi menggelar apel kesiapan personel pengamanan TPS dipimpin langsung oleh Kapolres Sleman AKBP Rizky Ferdiansyah, Minggu (14/4).
Di sela apel, AKBP Rizky mengatakan, peserta apel merupakan personel gabungan baik dari Polres dan Polsek dengan total 1.184 personel.
Tujuannya tidak lain dalam rangka pengamanan tahapan pemungutan dan perhitungan surat suara Pemilu 2019. Juga untuk memastikan kesiapan anggota Kepolisian dalam menghadapi pengamanan kegiatan tahapan Pemilu 2019.

“Selain itu kita juga melakukan pengecekan personel dan peralatan dalam kesiapan melaksanakan pengamanan di TPS wilayah Sleman,” ujar AKBP Rizky.
AKBP Rizky menyampaikan, dalam melaksanakan pengamanan TPS pada hari H pemungutan surat suara, personel harus berperan aktif dan selalu berkoordinasi dengan linmas setempat.
Sehingga kerawanan baik yang bersumber dari dalam dan luar dapat diantisipasi sedini mungkin. “Lengkapi peralatan keamanan diri sendiri dengan perbekalan yang telah disediakan dari Polres, contohnya seperti senjata api,” katanya.
AKBP Rizky berharap, Pemilu 2019 ini dapat berjalan dengan lancar, aman dan damai tanpa ada satu halangan apapun. Ia juga meminta setiap anggota yang bertugas harus segera berkoordinasi dengan pimpinan bila ada upaya gangguan.

“Sekali lagi, Polres Sleman siap mengamankan proses demokrasi dan selalu menjaga netralitas. Harapan kami personel yang akan melaksanakan pengamanan TPS sudah siap secara mental maupun fisik,” tutup AKBP Rizky.
Pihaknya pun telah menyiapkan langkah-langkah antisipasi guna menghindari munculnya gesekan pada pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) rawan.
“Ada beberapa TPS di Kabupaten Sleman yang rentan terjadi gesekan. Kami telah melakukan langkah-langkah antisipasi terjadinya hal yang tak diinginkan dengan menambah jumlah personel di tempat tersebut, baik dari kepolisian ataupun TNI,” kata AKBP Rizky.

Menurut dia, pihaknya akan mengerahkan seluruh anggotanya yang ada di Polsek se-Kabupaten Sleman ditambah 50 anggota Polres Sleman untuk melakukan pengamanan selama proses pemilu berlangsung.
“Ada empat titik yang kita anggap rawan. Namun yang paling kita antisipsi ada 12 TPS di daerah Tambakbayan, Kecamatan Depok,” katanya.(Shn)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
KASUS HIV AIDS MENINGKAT-Dinkes Kulonprogo Awasi Kawasan Penambangan

WATES (MERAPI) - Jumlah penderita HIV/AIDS di Kulonprogo meningkat tajam. Pemantauan terhadap hotspot atau lokasi potensial penyebaran penyakit menular itu

Close