3.773 Personel Linmas Yogya Dukung Pengamanan Pemilu

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi menyematkan tanda kepada perwakilan Linmas untuk mendukung pengamanan Pemilu 2019. (MERAPI-TRI DARMIYATI )

UMBULHARJO (MERAPI) – Sebanyak 3.773 personel Satuan Perlindungan Masyarkat (Linmas) di Kota Yogyakarta disiagakan untuk mendukung pengamanan Pemilu 2019 yang ditempatkan mulai dari Tempat Pemugutan Suara (TPS), kelurahan dan kecamatan. Petugas Linmas diminta menjaga netralitas dalam Pemilu.

“Kami siagakan dua petugas Linmas di TPS, 10 petugas Linmas di kelurahan dan 31 petugas Linmas di Kecamatan,” kata Kepala Bidang Linmas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Yogyakarta, Cristiana Suhantini usai apel siaga pasukan Linmas dan Satpol PP di Balaikota, Kamis (11/4).

Menurutnya, para petugas Linmas sudah mendapatkan pembinaan dan pembekalan terkait ketugasan Linmas. Termasuk kewenangan Linmas saat bertugas mendukung pengamanan Pemilu 2019. Selain itu sikap Limnas yang harus tetap netral dalam menjalankan tugasnya.

“Mereka sudah mendapat sosialisasi dan tugas kewenangan Limnas di lingkup TPS. Kami juga ingatkan petugas Linmas dan internal kami di Satpol PP untuk menjaga netralitas dalam Pemilu. Para Linmas sudah berkomitmen dalam sumpah janji pada apel pasukan,” terangnya.

Sementara itu Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi menegaskan, kegiatan apel siaga pasukan itu sebagai simbol kesiapan Linmas mendukung keamananan Pemilu yang damai. Di samping itu menjadi momentum menguatkan para personel Linmas dalam menjaga keamanan di masyarakat.

Terkait Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) Pemilu 2019 DIY yang berada di peringkat kedua secara nasional, dia menyampaikan potensi kerawanan seperti gesekan di Yogyakarta sudah memiliki strategi antisipasi.

“Saat hari tenang jaga situasi agar kondusif karena menjadi masa bagi masyarakat untuk berpikir menentukan pilihannya. Kami harap seluruh masyarakat ikut mengawasi dan menjaga Pemilu aman, tertib dan damai,” ujarnya. (Tri)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
PSS Dapakan Striker Cadangan Mitra Kukar

SLEMAN (MERAPI) - Keinginan pelatih kepala PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro mendapatkan pesaing bagi Rudi Widodo di lini depan akhirnya tercapai

Close