NYURI DI MASJID, PENGANGGURAN DISERGAP WARGA-Tarik Uang Infak Pakai Kawat

SLEMAN (MERAPI)- Seorang pemuda pengangguran, MY (25) warga Mungkid, Magelang kepergok saat mencuri infak di Masjid Al Hilmah Murangan Triharjo Sleman. Warga dengan sigap mengamankan pelaku yang dipergoki tengah menarik uang dari dalam kotak menggunakan kawat.
Kapolsek Sleman Kompol Sudarno kepada wartawan, Rabu (10/4) mengatakan, pelaku sudah mendekam di sel tahanan Polsek Sleman.
“Dalam menjalankan aksinya ini, pelaku hanya bermodalkan kawat untuk mengambil uang di dalam kotak infak,” beber Kompol Sudarno.
Dijelaskan Kompol Sudarno, percobaan pencurian itu terjadi akhir pekan lalu. Saat itu pelaku pura-pura berteduh di serambi masjid. Setelah memastikan kondisi aman, pria penganguran ini langsung menjalankan aksinya.

Untuk melancarkan aksinya, pelaku mengeluarkan kawat putih sepanjang 30 centimeter dan dibentuk seperti huruf L. Sedangkan di bagian ujung kawat diberi perekat agar uang di dalam kotak infak bisa diambil saat ditarik.
“Jadi ujung kawat diberi perekat, sehingga saat dimasukan dalam lubang kotak infak uang ikut menempel,” ujarnya.
Namun naas, saat pelaku berusaha mengambil uang dalam kotak, salah satu warga melihat aksi mencurigakan pelaku. Setelah didekati, pelaku tidak bisa berkelit karena kawat yang digunakan mengambil uang masih dipegangnya.
“Pelaku tidak bisa mengelak saat ketahuan warga, karena barang bukti masih dipegang. Saat kejadian uang di dalam kotak infak sebanyak Rp 5 juta,” katanya.
Setelah dilakukan penangkapan, pelaku langsung digelandang ke Polsek Sleman guna mempertanggungjawabkan perbuatannya. Dari hasil pemeriksaan, pelaku berdalih baru pertama melakukan aksi pencurian kotak infak.

Kendati demikian, menurut Kompol Sudarno, pihaknya masih mendalami lagi keterangan pelaku. Pasalnya berdasarkan keterangan warga, di Masjid Al Hilmah sudah berungkali terjadi pencurian kotak infak.
“Pelaku nekat melakukan pencurian karena terdesak kebutuhan ekonomi. Tapi di dompet tersangka juga ditemukan sejumlah uang,” jelasnya.
Kanit Reskrim Polsek Sleman Iptu Yuli menambahkan, dari tangan tersangka, petugas juga menemukan dua kawat berukuran 20 cm dan 30 cm. Diduga kawat ini sudah dipersiapkan untuk melakukan pencurian.
“Aksi tersangka MY juga terekam kamera CCTV masjid. Karena sering terjadi pencurian, pihak masjid akhirnya memasang CCTV,” ujar Iptu Yuli.

Akibat perbuatannya pelaku sudah resmi ditahan dan dijerat dengan pasal 53 jo 362 KUHP tentang percobaan pencurian.(Shn)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Korem 072/Pamungkas Gelar Pasar Murah

MEMPERINGATI HUT ke-73 Persatuan Isteri Prajurit (Persit) Chandra Kirana, Korem 072/Pamungkas menggelar bhakti sosial (Baksos) berupa aksi donor darah serta

Close