Gadaikan Mobil Pinjaman Diadili


Saksi Siti Umayah saat memberikan keterangan di muka persidangan PN Bantul. (MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)
Saksi Siti Umayah saat memberikan keterangan di muka persidangan PN Bantul. (MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)

BANTUL (MERAPI) – Pelaku penggelapan mobil pinjaman, HK (45) warga Bantul kembali diajukan ke muka persidangan Pengadilan Negeri (PN) Bantul, Rabu (10/4). Terdakwa didakwa telah menggadaikan mobil pinjaman tanpa seizin pemiliknya.

Dalam pemeriksaan majelis hakim yang dipimpin Koko Riyanto SH, jaksa penuntut umum Sutrisno SH MH menghadirkan saksi Siti Umayah sebagai penerima gadai pertama. Tetapi karena tak memiliki uang maka mobil tersebut digadaikan ke saksi Poniran.

“Sebelumnya terdakwa datang ke rumah ingin menggadaikan mobil. Tetapi karena tak memiliki uang maka saya alihkan ke Pak Poniran,” ujar saksi Siti Umayah di sela-sela sidang.

Diketahui, terdakwa sebelumnya pada pertengahan 2018 meminjam mobil Toyota Avanza dari saksi korban Asep Ari Nugroho di Perumahan Terasama Estate Jalan Ki Ageng Pemanahan Banguntapan Bantul. Awalnya terdakwa meminjam mobil yang digunakan untuk keperluannya.

Tetapi setelah mobil dalam penguasaan terdakwa justru mengalihkan ke saksi Siti Umayah dengan cara digadaikan senilai Rp 20 juta. Padahal mobil tersebut masih baru dan belum memiliki plat.

Selanjutnya saksi Siti Umayah menggadaikan mobil kepada saksi Poniran. Tetapi setelah adanya laporan terhadap terdakwa mobil tersebut diparkir di POM Bensin Patalan Jalan Parangtritis.

Setelah terdakwa ditangkap, saksi Siti Umayah mengambil mobil dan memberikan kepada penyidik sebagai barang bukti. Atas perbuatan tersebut terdakwa dijerat pasal 372 KUHP. (C-5)


Read previous post:
Rumah Makan Pak Parto di Kaliurang terancam digusur setelah mendapat surat perintah pengosongan dari PT AMI. (MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)
JADI ICON KULINER KALIURANG-Pemilik RM Pak Parto Tolak Penggusuran

PAKEM (MERAPI) - Pemilik Rumah Makan (RM) Pak Parto yang berada di daerah wisata Kaliurang Sleman menolak rencana penggusuran icon

Close