PERNAH PERKUAT TIMNAS U-17 JADI ALASAN – Yevhen Resmi Dikontrak PSS

SLEMAN (MERAPI) – Setelah lama ditunggu publik, akhirnya PT Putra Sleman Sembada (PSS) dan manajemen meresmikan striker Ukraina Yevhen Bokhasvili. Minggu (7/4) malam, Yevhen diperkenalkan ke publik sebagai pemain depan ketiga yang resmi direkrut setelah Kusheda Hari Yudo dan Rudi Widodo. Penandatanganan kontrak sendiri dilakukan bersama CEO PT PSS, Seoekeno.

Baru resmi menjadi pemain, Yevhen langsung mendapat tugas berat dari PT agar mampu menjadi ikon Laskar Sembada di Liga 1. Padahal pemain bersangkutan belum pernah diturunkan dalam laga uji coba sejak datang ke Sleman. “Saya harap Yevhen bisa menjadi bintang di PSS,” kata Soekeno.

Pertimbangan PT mengontrak Yevhen pemain berusia 26 tahun ini cukup mengernyitkan dahi. Pasalnya PT hanya berbekal catatan bahwa Yevhen pernah menjadi bagian dari Tim Nasional (Timnas) Ukraina U-17. Dari sana muncul keyakinan bahwa Yevhen punya bakat dan pantas bermain untuk Laskar Sembada di Liga 1. Padahal saat datang ke Sleman pemain bersangkutan sering latihan sendiri karena masih terkena cedera. Seto pun tak menurunkannya saat Piala Presiden bahkan saat PSS beruji coba dengan DIY-Jateng Selection.

“Saya yakin Yehven dari sisi skill dan kemampuan dia bisa. Karena bagaimanapun di Ukraina kompetisinya sangat ketat. Jadi kalau dia bisa masuk mulai timnas U-17, berarti dia bakatnya bagus. Setelah ada masukan dari teman-teman, ini (Yevhen) bagus juga makanya kami datangkan,” sambung Soekeno.

Meski sempat memperkuat timnas muda Ukraina, penampilan Yevhen musim lalu bersama FC Minsk di Liga Belarusia tak begitu mentereng. Dari 14 laga ia hanya mencetak empat gol. Penampilan terbaiknya dicatatkan bersama tim kasta kedua Liga Ukraina Rukh Vynnyky tahun 2016-2017 di mana ia mencetak tujuh gol dari sepuluh pertandingan. Di timnas junior, dari U-16 sampai U-21 pun penampilannya biasa saja. Lima kali ia memperkuat Timnas U-21 dan tidak mencetak gol. Hanya di Timnas U-18 ia mencetak dua gol dari empat pertandingan.

Setelah Yevhen, manajemen dan PT mulai membereskan berkas untuk penandatanganan kontrak Guilherme Batata. Gelandang asal Brasil ini juga ditunggu kepastiannya oleh publik dan tim pelatih. Beda dengan Yevhen, pelatih kepala PSS Seto Nurdiyantoro melakukan pemindaian dan yakin bahwa Batata bisa mengejar fisiknya dengan pemain lain dan menginginkan agar pemain berpaspor Brasil ini segera mendapat kontrak.

Batata juga masuk dalam rencana Seto di mana ia diproyeksikan duet dengan Brian Fereira di lini tengah. “Semoga lekas dikontrak agar dia (Batata) bisa nyaman berlatih bersama kita,” harap pelatih yang segera berlisensi AFC Pro itu.

Jika Batata juga resmi dikontrak, kuota legiun asing PSS sudah terpenuhi. Sebelumnya PSS juga sudah mengontrak Brian Fereira dan Alfonso de La Cruz. Brian Fereira akan mengisi slot pemain asing asal Asia karena punya paspor Irak. Namun skuad belum lengkap karena Seto menginginkan tambahan dua pemain lokal di skuad yang berposisi sebagai bek kiri dan penyerang sayap. Kriteria yang diinginkan Seto adalah pemain berusia matang, 25-30 tahun.

Pemain di posisi bek dibutuhkan melapis Bagus Nirwanto sedangkan penyerang sayap untuk menjadi pesaing Rudi Widodo. “Opsinya peminjaman dan surat sudah dikirimkan. Kami masih tunggu bagaimana perkembangan komunikasi manajemen dengan pemain yang dibutuhkan itu,” kata Seto. (Des)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
MERAPI-HUMAS BASARNAS DIY Petugas Basarnas saat melakukan evakuasi Walijo dari atas pohon.
TANGAN WALIJO TIBA-TIBA LEMAS SAAT MEMANJAT-Beberapa Jam Tertahan di Atas Pohon

GAMPING (MERAPI)- Pengalaman unik kerap mewarnai tugas anggota Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) DIY. Tak melulu masalah bencana alam,

Close