Dukcapil Sleman Buka Pelayanan Akhir Pekan

MERAPI-ATIEK WIDYASTUTI H Proses rekam data KTP El di kantor Dukcapil Sleman.
MERAPI-ATIEK WIDYASTUTI H
Proses rekam data KTP El di kantor Dukcapil Sleman.

SLEMAN (MERAPI) – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sleman menambah jam pelayanan perekaman KTP elektronik (KTP el). Ini guna menindaklanjuti Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 20/2019 jika surat keterangan (suket) KTP el dapat digunakan untuk mencoblos dalam Pemilu 2019.

Dalam hal ini Disdukcapil Sleman melakukan pelayanan administrasi kependudukan khususnya KTP el pada Sabtu dan Minggu, tanggal 6, 7, 13 dan 14 April 2019. Masyarakat bisa datang langsung ke kantor Disdukcapil pada pukul 08.00-14.00 WIB.

Kepala Disdukcapil Sleman Jazim Sumirat mengatakan, pada pelayanan Sabtu-Minggu (6-7/4) kemarin, petugas berhasil melakukan perekaman terhadap 20 nama. Perekaman tidak terbatas di kantor saja, tapi juga ada yang jemput bola.

“Ini adalah tambahan pelayanan. Diluar itu, kami tetap melayani perekaman sepeti biasa. Baik di kantor Dukcapil maupun di kecamatan-kecamatan,” ujarnya, Senin (8/4).

Selain melaksanakan pelayanan pada akhir pekan, Dukcapil Sleman juga tetap memberikan pelayanan pada hari pemungutan suara atau tanggal 17 April 2019. Ini sebagai bentuk dukungan pemerintah kepada KPU untuk pengecekan data calon pemilih yang diperlukan.

Lebih lanjut Jazim menambahkan, terhitung tanggal 31 Maret 2019 jumlah penduduk di Sleman ada 1.063.938 jiwa. Warga yang wajib KTP adalah 805.695 atau 99,62 persen. Dari jumlah itu 802.663 sudah melakukan memiliki KTP dan 3.032 belum rekam data.

“Kami berupaya memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat dalam hal administrasi kependudukan. Tak terkecuali KTP El. Harapannya kepada warga yang sudah berusia 17 tahun atau sudah menikah dan belum memiliki KTP dapat segera datang ke kantor kecamatan terdekat,” urainya. (Awh)

Read previous post:
ilustrasi
Nipu Teman untuk Biayai Selingkuhan

TEMPEL (MERAPI)- Gara-gara kedanan wanita lain, Ed (45) warga Trimulyo, Sleman menelantarkan anak-istrinya. Dia bahkan nekat menipu teman barunya demi

Close