TERAPKAN RESEP ALAMI SUDAH LAMA MAUPUN BARU (9) – Ngokilo Bantu Gempur Kolesterol Jahat

MERAPI-SULISTYANTO Daun tanaman ngokilo mempunyai khasiat kesehatan.
MERAPI-SULISTYANTO
Daun tanaman ngokilo mempunyai khasiat kesehatan.

SEBAGIAN tanaman berkhasiat obat alami sering ditemukan di alam bebas alias tumbuh liar. Namun ada pula yang sudah dibudidayakan, bahkan dijualbelikan. Resep alami cara pemanfaatan bahan berkhasiat tersebut bisa menerapkan model lama maupun baru dan bisa melihat panduannya di beberapa sumber.

Beberapa jenis tanaman rempah atau bumbu diyakini pula memiliki khasiat kesehatan, misalnya bawang merah dan bawang putih. Tanaman seperti ini biasa dibudidayakan di lahan yang telah diolah tanahnya. Hasil panenannya lalu dijualbelikan, pemanfaatan di masyarakat sangat beragam. Seperti diungkap Suprihadi di Merapi edisi kemarin, bawang merah atau brambang sering dijadikan brambang goreng.

“Resep alami pemanfaatan brambang telah lama diterapkan sebagian warga, misalnya untuk membantu melawan perut kembung pada anak-anak. Cukup diiris tipis- tipis lalu ditambah minyak kelapa maupun minyak kayu putih secukupnya, diremas-remas dan segera dibalurkan pada perut,” bebernya, belum lama ini.

Manfaat penting jika rutin mengkonsumsi brambang, misalnya ikut mendukung metabolisme tubuh, mencegah/mengatasi sembelit serta menjaga tekanan darah tetap normal. Tak ketinggalan bisa mendukung daya tahan tubuh. Sedangkan manfaat kesehatan bawang putih, antara lain bisa membantu mencegah dan melawan kanker, meredakan bengkak serta musuh racun dalam tubuh maupun cacingan. Sedangkan jenis bawang tunggal bisa ikut membantu menyehatkan fungsi jantung, kolesterol dan asam urat.

Sementara itu menurut salah satu kru penjualan tanaman di Sleman, Agus Kusworo, beberapa tanaman berkhasiat obat cukup populer di masyarakat. Bahkan ada yang mempunyai sebutan berbeda. Cara pemanfaatannya dapat menerapkan resep alami yang lama sudah ada maupun ada inovasi atau kreasi baru. Satu di antaranya tanaman ngokilo atau sambung nyawa biasa dimanfaatkan daunnya, mulai dijadikan lalapan sampai dipadukan dengan madu asli sehingga termasuk jenis madu herbal.

“Zaman sekarang ini bagaimana cara pemanfaatan sampai khasiat dari tanaman obat antara lain cukup mudah dilihat panduannya seperti lewat internet,” paparnya.

MERAPI-SULISTYANTO Agus Kusworo.
MERAPI-SULISTYANTO
Agus Kusworo.

Ketika bisa rutin mengkonsumsi daun ngokilo atau sambung nyawa baik secara tunggal maupun dipadu bahan alami lain diyakini bisa membantu mencegah munculnya keluhan kesehatan. Tak ketinggalan membantu mengatasi berbagai macam penyakit terutama penyakit dalam. Antara lain keluhan kesehatan karena kolesterol tinggi/jahat, darah tinggi (hipertensi), maag, pendarahan serta disentri.

Cara mudah atau sederhana memanfaatkan ngokilo, misalnya cukup rutin mengonsumsi daun ini sebagai lalapan. Jenis daun ini pun enak dijadikan campuran urap maupun pecel. Sebagai pencegahan gangguan kesehatan cukup melalap kisaran tiga lembar daun ngokilo perhari. Jika untuk pengobatan, dapat memanfaatkan sekitar lima atau tujuh lembar daun ngokilo dengan dibuat teh maupun lalapan. Jika direbus menggunakan 15 lembar daunnya yang sudah tua dengan air dua gelas. Hasilnya diminum dua kali sehari, pagi dan sore.(Yan)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Disana Senang Disini Senang

WARGA dusun Pringwungu tahu, jika Mak Dirsam (bukan nama sebenarnya), perempuan estewe yang tubuhnya bahenol itu suka berakrab ria dengan

Close