PENTAS BUDAYA DUSUN MANGGUNG SUMBERAGUNG JETIS BANTUL – Mengenalkan dan Melestarikan Seni Tradisional

MERAPI-ISTIMEWA Anak-anak muda tampil dalam Pentas Budaya Dusun Manggung.
MERAPI-ISTIMEWA
Anak-anak muda tampil dalam Pentas Budaya Dusun Manggung.

JETIS (MERAPI) – Guna mengenalkan kesenian tradisional kepada generasi muda sekaligus sebagai bentuk pelestarian seni dan budaya, warga dusun Manggung Sumberagung Jetis Bantul dengan dukungan Dinas Pariwisata DIY mengadakan pentas budaya, Minggu (24/3) lalu.

Budi Yulianto selaku ketua panitia menjelaskan, dalam acara pentas budaya ditampilkan beberapa kesenian dari warga setempat. Menurutnya, saat ini generasi muda kurang peduli terhadap kesenian tradisional, sehingga kegiatan bernuansa budaya dinilai perlu diselenggarakan di Dusun Manggung.

“Adanya pentas budaya kali ini diharapkan dapat menggugah kembali semangat para pemuda untuk menggeluti bahkan menjadi pelaku seni,” jelas Budi

Wardoyo selaku selaku Kabid Pengembangan Kapasitas Dinas Pariwisata DIY mengatakan, bahwa rangkaian acara pentas budaya ini diselenggarakan untuk menjaga kelestarian budaya Yogyakarta, di samping itu juga untuk memberi suguhan yang menarik bagi pengunjung.

“Kesenian tradisional selalu menjadi kekuatan pariwisata tersendiri untuk meningkatkan jumlah wisatawan yang datang ke Yogyakarta khususnya di Bantul yang telah memiliki banyak destinasi wisata unggul. Dengan acara seperti ini maka pengunjung dapat lebih mengenal potensi kesenian di wilayah Manggung Sumberagung,” tutur Wardoyo.

Pentas budaya dimulai sejak siang hari dengan menampilkan kesenian tari-tarian, hadroh, dan sebagai puncak acara masyarakat dihibur dengan kesenian jathilan. (*)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Residivis Nyuri Kotak Amal

TEMANGGUNG (MERAPI) - Seorang residivis, Alf (20) ditangkap Kepolisian Sektor Ngadirejo Kepolisian Resort Temanggung karena mencuri kotak amal di mushola

Close